Tips Cara Sukses Registrasi E-PUPNS

loading...
Kabar dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang mengharuskan semua PNS melakukan pendataan ulang dan pemutakhiran data kepegawaiannya melalui situs Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil secara elektronik atau dikenal dengan sistem e-PUPNS, harus menjadi perhatian serius para abdi negara. Selengkapnya silakan Download Buku Petunjuk Teknis (Juknis) dan Panduan Penggunaan E-PUPNS Tahun 2015

Per 1 September tahun ini, setiap PNS sudah harus melakukan registrasi dan pemutakhiran data kepegawaiannya. Proses tersebut harus dilakukan secara online dengan mengakses portal e-PUPNS dengan mengunjungi situs resmi pemerintah di http://pupns.bkn.go.id/

Banyak keluhan dari PNS yang tidak bisa mengakses atau lambannya loading akses aplikasi e-PUNS menghiasi media sosial. Penyebab susah atau lamban mengakses e-PUPNS tidak lepas dari banyaknya pegawai yang harus mengikuti pendataan ulang PNS tersebut. Baca juga Cara Mengatasi Permasalahan Registrasi e-PUPNS yang Sering Ngadat

Berikut tips untuk Dapat Mengakses Portal e-PUPNS Agar Sukses Melakukan Registrasi dan Pemutakhiran Data Kepegawaian bagi PNS

1. Setting / Atur Jaringan Internet
Jika anda memanfaatkan jaringan internet, menggunakan sistem koneksi generasi terbaru (4G) akan membantu stabilisasi akses saat anda telah berhasil login. Banyak operator yang menawarkan paket data internet dengan kecepatan loading yang tinggi.

2. Gunakan Perangkat Pendukung
Meski tablet ataupun smartphone juga bisa digunakan mengakses e-PUPNS, usahakan untuk tetap memanfaatkan komputer atau laptop. Kecuali situasi memaksa anda harus menggunakan mini komputer tersebut.

3. Pilih Waktu (Timing) yang Tepat
Saat anda berkali-kali gagal untuk login e-PUPNS, bisa itu karena beban server sedang posisi puncak. Biasanya ini terjadi pada jam-jam kerja dimana jam aktif pengguna internet sedang 'berselancar'.

Pertimbangkan pemilihan waktu dimana diperkirakan kepadatan traffik e-PUPNS sedikit sepi. Diluar jam kerja atau saat tengah malam atau subuh dimana jumlah PNS yang mengakses e-PUPNS tidak terlalu banyak, Anda bisa mencobanya saat itu.

4. Kelengkapan Berkas
Akan sangat menyebalkan jika Anda sudah berhasil membuka e-PUPNS dan hendak mengentri data, tiba-tiba harus terhenti gara-gara mencari dokumen terlebih dulu. Harus diingat pula, saat berhasil “masuk” dan mengentri data anda akan dibatasi “waktu tenggang” oleh sistem.

Jika tidak ada transaksi data selama waktu tenggang tersebut, maka akses akan terhenti dan Anda diharuskan reload atau login. Selain itu, Anda juga mengisi formulir data untuk e-PUPNS secara offline lalu saat online Anda dapat dengan cepat mengisi formulir di portal e-PUPNS.

5. Memanfaatkan Instruktur / Pendamping yang dapat dipercaya
Bagi sebagian PNS kegiatan e-PUPNS ini adalah proses yang tidak mudah, rumit dan bahkan bisa membuat stres. Meski seharusnya bersifat privat dan rahasia, namun untuk memastikan agar Anda benar dan sukses Anda boleh saja didampingi seseorang asal ia benar-benar terpercaya.

Namun setelah Anda terbiasa dengan aplikasi e-PUPNS ini, segeralah ganti kata kunci (password) Anda. Segalanya bisa saja terjadi, password yang terbuka tetap berpotensi dapat merugikan Anda secara fatal.
Tips Cara Sukses Registrasi E-PUPNS
Tips Sukses Registrasi PUPNS
Demikian Tips Cara Sukses Registrasi E-PUPNS dan pemutakhiran data secara non teknis yang dapat admin Kabar Guruku bagikan dengan harapan membantu kelancaran pendataan e-PUPNS pada server BKN. Sumber artikel : http://www.sekolahdasar.net/ (dengan sedikit editing dan modifikasi).
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+