Skenario Tahun Ajaran Baru Diundur, Begini Tanggapan Komisioner KPAI

loading...
Jakarta -- Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mendorong pemerintah membuat skenario alternatif sebagai langkah antisipatif jika krisis Covid-19 belum juga reda sampai tahun ajaran peserta didik baru.

Pertama dengan tetap melakukan PJJ namun mengevaluasi kekurangannya, dan yang kedua dengan menunda waktu tahun ajaran baru.

"Skenario terberatnya adalah tahun ajaran baru diundur menjadi Januari 2021. Artinya ada pergeseran yang fundamental terhadap sistem pendidikan nasional. Waktu 'kekosongan' pembelajaran 6 bulan ke depan bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan edukatif," ujar Retno.

Sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tengah menyiapkan "Kita sedang siapkan kalau nanti belajar dari rumah ini bisa terjadi sampai akhir tahun," tutur Plt. Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbud Muhammad Hamid, Jumat (24/4).

Secara umum rencana yang disiapkan adalah jika pembelajaran jarak jauh (PJJ) bakal berlanjut sampai tahun ajaran baru. Mengacu pada kalender pendidikan, Tahun Ajaran 2020/2021 mulai pada Juli 2020 sampai Juni 2021, beberapa waktu setelah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) usai. (cnni, 29/4)
Skenario Tahun Ajaran Baru Diundur, Begini Tanggapan Komisioner KPAI
Komisioner KPAI
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+