Jadwal Penetapan Formasi CPNS, 100 Ribu Disiapkan untuk Posisi Guru

loading...
JAKARTA - Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka akhir Juli, sedang formasi CPNS direncanakan ditetapkan pada pekan depan.

”Dalam waktu dekat, minggu depan, saya akan memutuskan formasi PNS yang baru untuk direkrut,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Asman Abnur di Kantor Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Jumat (13/7).
Baca juga : Seleksi Penerimaan CPNS Tahun ini Bakal Diikuti Hingga 10 Juta Pendaftar
Meski demikian, dia menyebut belum tentu akan langsung diumumkan ke publik pekan depan. Saat ini, lanjutnya, semua kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi dan sebagian kabupaten serta kota sudah melakukan finalisasi jumlah formasi.

”Tinggal beberapa kabupaten yang belum final,” imbuhnya. Sayangnya, dia enggan merinci terkait berapa jumlah pastinya.

Untuk diketahui, pemerintah akan membuka CPNS tahun ini. Jumlahnya sekitar 200 ribu orang. Dari jumlah tersebut, 100 ribu di antaranya disiapkan untuk posisi guru. Sementara sisanya masih dihitung-hitung oleh kementerian maupun pemda terkait.

Asman menambahkan, pada rekrutmen tahun ini, pihaknya akan melanjutkan sistem CAT yang sudah dilakukan tahun lalu. Hal itu untuk memastikan tidak ada lagi praktik titip menitip oleh oknum. Dengan sistem tersebut, dia memastikan tidak ada yang bisa intervensi dalam proses seleksi CPNS 2018.

”Gak bisa lagi minta bantu sama menteri, sama gubernur, betul-betul kompetensinya yang membantu,” imbuhnya. Dia optimis, jika cara tersebut konsisten dilakukan, ke depannya akan menciptakan birokrasi yang lebih baik. Sumber : https://www.jpnn.com/news/pendaftaran-cpns-2018-formasi-ditetapkan-pekan-depan
Jadwal Penetapan Formasi CPNS, 100 Ribu Disiapkan untuk Posisi Guru
Menteri PAN-RB
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+