Makna Lagu Indonesia Raya, Makna Pancasila dan Apa itu Guru Profesional

TAUKAH KAMU | Viral di jagat maya keyword Pancasila, Lagu Indonesia Raya, Makna Profesi Guru beberapa hari ini, ada apa gerangan? Nah, untuk merangkum ketiga keyword tersebut berikut postingan yang disadur dari berbagai sumber media online.

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara ialah Pancasila berperan sebagai landasan dan dasar bagi pelaksanaan pemerintahan, membentukan peraturan, dan mengatur penyelenggaraan negara. Melihat dari makna pancasila sebagai dasar negara kita tentu dapat menyimpulkan bahwa pancasila sangat berperan sebagai kacamata bagi bangsa Indonesia dalam menilai kebijakan pemeritahan maupun segala fenomena yang terjadi di masaryakat.
Baca juga : LENGKAP, Kisi-kisi Materi Pretest PPG Terbaru Semua Jenjang dan Mata Pelajaran

Makna Lagu Indonesia Raya

Pada bagian stanza pertama, lagu ini menggaris bawahi pada kata "Marilah Kita Berseru Indonesia Bersatu". Pada kalimat tersebut terdapat makna penyemangat dan seruan bagi Indonesia yang saat itu belum merdeka. Selain itu, masih distanza yang sama juga terdapat kata "Bangunlah jiwanya, Bangunlah Badannya" yang sebelumnya tertulis "Bangunlah badannya, Bangunlah Jiwanya". Kedua frasa ini diubah posisinya atas perintah dari Ir. Soekarno yang berpendapat bahwa tak akan bangun raga seorang jika jiwanya tidak terlebih dahulu bangun. Hanya seorang budak yang badannya bangkit namun jiwanya tidak.

Kemudian pada stanza kedua lagu tersebut menekankan pada frasa "Marilah Kita Mendo'a, Indonesia Bahagia". Makna mendalam dari lirik tersebut adalah makna landasan spiritual dengan selalu mendo'akan Indonesia yang bahagia. Maka lanjutan lirik berikutnya adalah "Sadarlah Budinya, Sadarlah Hatinya" yang memiliki makna bahwa masyarakat Indonesia yang senantiasa memiliki budi dan hati yang baik.

Selanjutnya, pada stanza yang terakhir dari lagu Indonesia Raya terdapat sumpah dan amanat agraria yang diselipkan di dalam lirik lagu tersebut. Sumpah setia terucap di dalam lirik yaitu "Marilah Kita Berjanji, Indonesia Abadi". Makna agraria yang dimaksudkan dalam lirik ini tidak terbatas dengan tanahnya, namun seluruh yang terkandung dalam bumi Indonesia yang meliputi tanah, laut hingga luar angkasa. Untuk menekankan makna agraria tersebut, maka ketika satu tahun umur Indonesia, Pemerintah saat itu sudah melakukan Revolusi Indonesia.

Makna Guru Profesional

Guru profesional adalah guru yang mengedepankan mutu dan kualitas layanan dan produknya, layanan guru harus memenuhi standarisasi kebutuhan masyarakat, bangsa, dan pengguna serta memaksimalkan kemampuan peserta didik berdasar potensi dan kecakapan yang dimiliki masing-masingindividu. Untuk menjadi guru yang profesional harus memiliki beberapa kompetensi. Dalam undang-undangGuru dan Dosen No.14/2005 dan Peraturan Pemerintah No.19/2005 dinyatakan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi professional dan kompetensi sosial. Semua kompetensi tersebut harus dimiliki oleh seorang guru dalam melakukan kegiatan mengajar di sekolah.

Dengan kata lain, guru profesional harus mampu mengembangkan kepribadian, berinteraksi serta berkomunikasi, mampu melaksanakan bimbingan serta penyuluhan, melaksanakan administrasi sekolah, menjalankan penelitian sederhana sebagai keperluan pengajaran, menguasai landasan kependidikan, memahami bahan pengajaran, menyusun program pengajaran, melaksanakan program pengajaran, dan mengevaluasi hasil dan proses belajar mengajar yang telah dijalankan.
Makna Lagu Indonesia Raya, Makna Pancasila dan Apa itu Guru Profesional
Makna Lagu Indonesia Raya Langkap Tiga Stanza
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+