Kemenag Terbitkan Edaran Meminta Umat Islam Salat Gerhana Bulan

Jakarta - Indonesia akan dilintasi oleh Gerhana Bulan Parsial pada Selasa, 8 Agustus 2017. Umat Muslim dipersilakan untuk mempersiapkan Salat Gerhana Bulan. Anjuran ini dikeluarkan oleh Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dalam surat edaran yang ditujukan kepada Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia.

Dari situs resmi Kemenag, Gerhana Bulan Parsial akan terjadi pada Selasa 8 Agustus 2017 pukul 02.22 WIB, 01.22 WITA dan 00.22 WIT. Puncak gerhana terjadi pada pukul 03.21 WIB, 02.21 WITA dan 01.21 WIT.

Baca juga : Tips Aman Melihat Gerhana Matahari Total Menurut LAPAN dan Komunitas Astronomi Langit Selatan
Kemenag meminta agar masyarakat menyelenggarakan Salat Khusuf Al Qamar atau salat gerhana bulan. Pemda di kabupaten/kota diminta menggandeng bersama para ulama, pemimpin ormas Islam dan masyarakat untuk melaksanakan salat gerhana ini di daerah masing-masing.

Pelaksanaan salat Gerhana Bulan Parsial ini diminta dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan situasi di setiap daerah. Penyelenggara salat gerhana juga diminta memberi sosialisasi dan panduan salat gerhana kepada para jamaah yang akan mengikutinya.

Jadi untuk umat Islam yang ingin ikut salat gerhana, catat baik-baik waktunya. Kemudian, coba hubungi masjid, ormas Islam, ulama atau kantor dinas Kemenag setempat untuk informasi lokasi dan teknis pelaksanaannya. (detik, 6/8/2017)
Kemenag Terbitkan Edaran Minta Umat Islam Shalat Gerhana Bulan
ILUSTRASI
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+