loading...

Pemerintah Memberikan Gaji Guru PNS Tinggi, Enggak Ada Hasilnya

JAKARTA -- Praktisi pendidikan Indra Charismiaji menilai, turunnya hasil ujian nasional (UN) berhubungan dengan kualitas guru di sekolah tersebut. Menurutnya, turunnya kualitas pendidikan tidak lepas dari kualitas guru yang mengajar. Ia menyoroti, tingginya gaji guru PNS, tidak diimbangi dengan kualitas yang mumpuni. "Pemerintah dengan memberikan gaji guru PNS tinggi, enggak ada hasilnya," jelasnya, Ahad (14/5) seperti dikutip dari Republika.co.id.

Indra beranggapan, pembenahan guru harus dilakukan dengan meningkatkan kualitasnya. "Yang jadi problem, bukan masalah tingginya gaji, tapi apakah mereka layak ngajar di sekolah," jelasnya. Baca juga : MENTERI PAN-RB SEBUT TIDAK ADA LAGI CERITANYA GAJI PNS KECIL

Indra menyebut, apabila melihat dari hasil uji kompetensi guru (UKG), para guru hanya memiliki poin lima hingga enam. Padahal, pemerintah mematok poin kelulusan, yakni delapan poin. "Itu akan berpengaruh pada kualitas anak didik. Kalau hasilnya turun, harus diperbaiki kualitas pendidikanya," tutur Indra.

Ia mengatakan, pemerintah daerah harus segera menyikapi hasil UN 2017. Salah satunya, yakni, pemda harus memiliki kontrol terhadap kualitas guru. Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyebut, berdasarkan hasil UN 2017, matematika menjadi mata pelajaran yang perlu mendapat perhatian. Sebab, sekitar 70 persen nilai UN matematika, masih di bawah nilai 55.
Sumber : Republika.co.id
Pemerintah Memberikan Gaji Guru PNS Tinggi, Enggak Ada Hasilnya
Ilustrasi Guru Mengajar di Kelas
loading...
Share on FB Share on Tweet Share on G+