Resmi Kemendikbud! Jadwal UKG dan Tahapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Terbaru

KABAR TERBARU bagi guru-guru yang mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun ini adalah guru yang sudah mengajar sejak 2006 dan sebelumnya, karena pemerintah mendapatkan amanah untuk menanggung proses sertifikasi mereka. Jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Ulang I akan dilaksanakan pada tanggal 25 sampai 29 April 2017.

Peserta UKG Ulang I adalah peserta PLPG yang belum lulus UKG setelah PLPG tahun 2016. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta Dinas Pendidikan untuk menyampaikan informasi ini kepada guru.
Baca juga : Standar Nilai Kelulusan UKG Dianggap Terlalu Tinggi, Begini Penjelasan Ketua Umum IGI
UKG ini juga dikenal dengan istilah Ujian Tulis Nasional (UTN) bagi peserta sertifikasi guru melalui jalur PLPG tahun 2016. UKG Ulang harus diikuti oleh peserta PLPG tahun 2016 yang nilainya kurang dari 80. Peserta mengikuti ujian berbasis komputer atau online di tempat uji komptensi, jika lulus (nilai di atas 80) akan diberikan sertifikat pendidik.

Batas syarat nilai kelulusan ujian sertifikasi guru mulai tahun 2016 minimal harus 80. Sebelumnya nilai kelulusan UTN hanya 42. Kebijakan itu diterapkan berdasarkan arahan Mendikbud setelah mendapat laporan dari Bank Dunia. Bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam nilai UKG antara guru yang sudah tersertifikasi dengan guru yang belum sertifikasi.

Guru yang tidak lulus UKG atau UTN yang dilaksanakan di akhir PLPG dapat mengulang lagi untuk mengikuti ujian, tanpa perlu mengulang PLPG. Guru dapat mengikuti ujian lagi, maksimal empat kali. Ujian sertifikasi guru dilaksanakan dua kali dalam satu tahun. UKG Ulang I akan dilaksanakan pada tanggal 25 sampai 29 April 2017.
Resmi Kemendikbud! Jadwal UKG dan Tahapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Terbaru
Resmi Kemendikbud! Jadwal UKG dan Tahapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Terbaru
Jadwal UKG dan Sertifikasi Guru Terbaru

Share on FB Share on Tweet Share on G+