Presiden Jokowi : Peran Guru Sangat Penting dan Menjadi Sosok yang Mencerahkan

loading...
Presiden Joko Widodo meminta guru memusatkan kegiatan belajar-mengajar kepada pendidikan karakter anak didik. "Sejatinya pendidikan karakterlah yang menjadi inti dari pendidkan yang sesungguhnya. Kemajuan pendidikan sejatinya berpusat pada guru, pengajaran tertanam dari diri siswa dan akan terbawa terus sampai kapan pun," kata Presiden Jokowi saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kamis.
Baca juga : Info Terbaru Soal Gaji Guru Honorer Resmi dari Kemendikbud
Jokowi mengatakan guru adalah sosok yang mencerahkan siswa. "Peran guru sangat penting dan menjadi sosok yang mencerahkan, yang membawa alam pikir serta jiwa para siswa dan memupuk nilai-nilai kasih sayang, keteladanan, moralitas, dan kebhinekaan," ungkap Presiden.

Persoalannya, menurut Jokowi, interaksi sosial semakin menurun bahkan sampai tingkat keluarga. "Juga terjadi pergeseran nilai-nilai, bersekolah juga kalau kita lihat sekarang ini hanya berkeinginan untuk mencari legalistik, mencari ijazah, bukan mencari ilmu. Hati-hati, kita juga perlu menyadari bersama bahwa modernisasi dan teknologi juga perlu dipagari sehingga yang negatif itu tidak menginvasi anak-anak kita," kata Jokowi.

Presiden menilai perubahan budaya bisa berasal dari budaya Barat dan dari negara-negara lain sehingga bisa melunturkan nilai-nilai kebhinekaan. "Saya hanya ingin mengingatkan kita semua sekarang, yang namanya perang fisik boleh dikatakan mulai ditinggalkan, yang terjadi sekarang bukan lagi penguasan teritori tapi penguasaan sumber daya alam dan ekonomi. Oleh sebab itu saya perlu mengingatkan agar anak-anak perlu terus-menerus diingatkan nilai-nilai budi pekerti, kesopanan, kesantunan yang menjadi karakter Indonesia," kata Presiden.

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/608910/presiden-ingin-guru-fokus-didik-karakter-murid
Presiden Jokowi : Peran Guru Sangat Penting dan Menjadi Sosok yang Mencerahkan
Presiden Joko Widodo
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+