Guru Tetap Terima TPG Walaupun Mengajar Kurang dari 24 Jam, Ini Penjelasan Dirjen GTK Kemendikbud

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata mengatakan, pemenuhan 24 jam mengajar masih tetap menjadi masalah bagi para pendidik untuk mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG). Untuk mengatasi masalah ini, Kemendikbud sedang merancang beberapa skema yang bisa digunakan. "Guru-guru tidak usah khawatir, pemerintah sudah membuat beberapa skema agar TPG ‎tetap cair," kata Pranata, Senin (19/12). Baca juga : Kemendikbud Tegaskan Tidak Ada Perubahan Aturan Pencairan TPG

Skema pertama, guru tetap mendapat TPG walaupun kurang dari 24 jam dengan ketentuan TPG yang diterima dihitung sesuai jam mengajarnya.


Misalnya guru hanya mengajar 20 jam, maka TPG yang diperolehnya sebesar 20/24 x gaji satu bulan. Skema kedua, guru melakukan tatap muka selama delapan jam per hari atau 40 jam seminggu. "Sedang kami kaji semuanya dan saya pastikan tidak akan menyusahkan para guru," kata Pranata.

Selain itu, Kemendikbud melalui Ditjen GTK menggandeng Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam memperkuat Unit Pengendalian Gratifikasi, melakukan peringatan dini, peningkatan kualitas tata kelola, dan rekonsiliasi. Harapannya, penyaluran TPG di waktu mendatang akan tepat waktu dan akuntabilitasnya terjaga.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/12/19/488292/Jam-Mengajar-Kurang-dari-24-Jam-Guru-Tetap-Dapat-TPG-
Guru Tetap Terima TPG Walaupun Mengajar Kurang dari 24 Jam, Ini Penjelasan Dirjen GTK Kemendikbud
Dirjen GTK Kemendkbud

Share on FB Share on Tweet Share on G+