Ahok Ingin Sistem Lebih Kejam : Kalau Sistem Absensi Rusak, PNS Tidak Dapat Tunjangan Kinerja Daerah

loading...
Seribuan jaringan sistem absensi-presensi PNS tak terkoneksi dengan internet, alasannya ada kabel yang digigit tikus meski ini perlu ditelusuri lebih lanjut. Ahok curiga rusaknya sistem absensi itu disengaja oleh oknum. Baca juga : DKI Paling Banyak Ditemukan Data PNS Bodong, Ini Rinciannya

Untuk menyiasati ulah oknum yang mengakali sistem absensi elektronik, Ahok punya ide membuat sistem yang lebih keras. Yakni, bila sistem absensi sampai rusak maka konsekuensinya PNS yang tak tercatat di sistem elektronik itu tak akan mendapatkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD).

"Lama-lama kalau terus kayak begini, kami akan bikin sistem yang lebih kejam. Kalau alatmu rusak ya kamu harus perbaiki. Kalau tidak bisa perbaiki ya sudah. Satu hari itu semua Anda tidak dapat TKD. Baru Anda takut," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (12/6/2016).

Bila saja sistem absensi PNS itu benar-benar rusak tanpa adanya kesengajaan, maka itu tak menjadi masalah. Sanksi peniadaan TKD tetap akan diberlakukan. Begitulah rencananya.

Baca juga : Begini Respon Ahok Atas Gugatan Bu Retno Listyarti Eks Kepala SMAN 3 Jakarta yang Dipecat
Sistem absensi itu mempengaruhi TKD yang diterima PNS. Bila PNS sering membolos, terlihat dari absensinya, maka dia bisa dikenai peniadaan TKD. Ahok mendengar sistem absensi elektronik memang sering rusak, entah apa sebabnya. "Memang sering kok. Yang 1.200 ini (perkiraan jumlah mesin absensi PNS yang rusak) mana, langsung kelihatan. porsi kerja seperti apa," kata Ahok.

Meski tak mau berburuk sangka, namun Ahok curiga ada kesengajaan dilakukan dengan cara yang halus oleh oknum PNS. Sistem absensi elektronik dengan pemindaian sidik jari itu dibikin offline sehingga pencatatan absensi dilakukan dengan cara manual. Cara manual ini tentu lebih mudah dimanipulasi dan dimanfaatkan oleh PNS yang sering bolos atau terlambat. "Kalau begini, dia langsung manual semua kan. Dia hadir, padahal hadirnya kesiangan. Bisa juga enggak hadir. Sudah biasa lah kayak gitu," kata Ahok.

Sumber : http://news.detik.com/berita/3251562/ahok-ingin-cara-lebih-kejam-kalau-sistem-absensi-rusak-pns-tak-dapat-tkd
Ahok Ingin Lebih Kejam : Kalau Sistem Absensi Rusak, PNS Tidak Dapat Tunjangan Kinerja Daerah
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+