Mendikbud : Tahun Depan Nilai UKG Tujuh dan Setiap Tahun Angkanya Ditingkatkan, Agar Kualitas Pendidikan Meningkat

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan, hampir seluruh guru di Indonesia sudah tersertifikasi. Menurutnya, dari total 1,7 juta guru yang diangkat pada 2005, sudah 1,63 juta guru atau sekitar 93,3 persen yang sudah tersertifikasi pada 2015. Baca juga : Guru PNS ini Dilaporkan ke Polisi oleh Orangtua Siswa yang Tidak Terima Anaknya Dicubit Siswa Lain

"Dalam peningkatan angka partisipasi penduduk dalam pendidikan, dan juga peningkatan persentase jumlah penduduk yang melek aksara, hal tersebut tidak terlepas dari peran pendidik dan tenaga kependidikan," ujar Anies, Jumat (17/6). Ia menjelaskan, Kemendikbud harus memastikan guru-guru berkompeten dan tersertifikasi. Selain itu, setiap tahun juga akan digelar tes uji kompetensi guru (UKG) agar kualitas pendidik meningkat.

"Kami targetkan tahun depan nilai UKG tujuh. Angka ini setiap tahun ditingkatkan hingga pada 2019, seluruh guru rerata memiliki nilai UKG delapan," terangnya.


Lebih lanjut Anies mengatakan, pendidikan pun tidak terlepas dari peran bahasa. Saat ini Kemendikbud juga telah meningkatkan kosakata baru Bahasa Indonesia sebanyak 109.611, atau meningkat 800 lema dari tahun 2014. "Kita berharap Bahasa Indonesia semakin kaya diksinya, sehingga tidak perlu lagi dengan serapan asing,” tutur mantan rektor Universitas Paramadina itu.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/06/17/439237/Hamdalah-93-Persen-Guru-Sudah-Tersertifikasi-
Mendikbud : Agar Kualitas Pendidikan Meningkat, Tahun Depan Nilai UKG Tujuh
Mendikbud Anies Baswedan
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+