Kemendikbud : SK Pencairan TPG untuk 200.558 Guru Non PNS Sudah Keluar, Ini Rinciannya

loading...
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan pencairan tunjangan profesi guru (TPG) non-PNS  triwulan kedua akan dimajukan. Dari jadwal semula Juli menjadi akhir Juni. Selengkapnya baca : Pencairan TPG Tahap II untuk Guru Bukan PNS Dipercepat, Ini Jadwalnya

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, perubahan jadwal pencairan itu mempertimbangkan Lebaran yang jatuh pada 6 Juli. ’’Kami ingin uangnya bisa digunakan untuk persiapan Lebaran,’’ katanya di kantor Kemendikbud kemarin (20/6).

Dia menegaskan bahwa jadwal pencairan TPG khusus untuk guru-guru non-PNS dimajukan lantaran anggaran untuk mereka ada di kas Kemendikbud. Jadi, Kemendikbud tinggal mencairkan ke rekening tabungan guru sasaran.

Pranata mengatakan, saat ini surat perintah membayar (SPM) pencairan TPG itu sudah keluar. Dengan demikian, dia optimistis pencairan TPG yang semula Juli menjadi akhir Juni itu bakal terlaksana.



Data dari Kemendikbud menunjukkan, ada 200.558 guru non-PNS yang sudah mendapatkan SK untuk pencairan TPG akhir Juni ini. Kemudian, sisanya, ada sekitar 17 ribu yang proses penerbitan SK-nya belum tuntas. Total anggaran TPG untuk guru non-PNS mencapai Rp 4,9 triliun untuk satu tahun.

Mayoritas sasaran pencairan TPG non-PNS ada di Jawa Timur dengan jumlah 53.463 orang guru. Disusul Jawa Barat (41.831 orang guru), Jawa Tengah (37.716), DKI Jakarta (23.576), dan Sumatera Utara (20.436).

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/06/21/442517/Alhamdulillah-Guru-Non-PNS-Bakal-Lebaran-dengan-Kantong-Tebal-
Kemendikbud : SK Pencairan TPG untuk 200.558 Guru Non PNS Sudah Keluar, Ini Rinciannya
Ilustrasi Tunjangan Guru

Share on FB Share on Tweet Share on G+