CATAT... Poin Penting Hasil Revisi Kurikulum 2013

loading...
Kabar penerapan Kurikulum 2013 nampaknya serempak bakal diimplementasikan semua sekolah di seluruh Indonesia.Salah satunya dengan persiapan dan pematangan buku pelajaran K-13 edisi revisi yang rencana akan digunakan serempak oleh sekolah-sekolah di setiap daerah. Baca beritanya Mulai Tahun Ajaran Baru Seluruh Sekolah Pakai Buku Pelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Poin utama adalah meningkatkan hubungan atau keterkaitan antara kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Berikut poin-poin penting revisi Kurikulum 2013.

  1. Penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru.  Pada K13 versi lawas, seluruh guru wajib menilai aspek sosial dan spiritual (keagamaan) siswa. Sistem ini yang lantas dikeluhkan banyak guru. Dalam skema yang baru, penilaian sosial dan keagamaan siswa cukup dilakukan oleh guru PPKn dan guru pendidikan agama-budi pekerti. Sementara guru fisika dan mata pelajaran lainnya hanya menilai aspek akademik sesuai bidang yang diajarkan saja. Guru mata pelajaran lain boleh menilai aspek sosial sewajarnya. Seperti terkait kenakalan atau misalnya saat siswa ketahuan mencontek.
  2. Proses berpikir siswa tidak dibatasi. Pada kurikulum yang lama, berlaku sistem pembatasan. Yaitu, anak SD sampai memahami, SMP menganalisis, dan SMA mencipta. Pada kurikulum hasil revisi ini, anak SD boleh berpikir sampai tahap penciptaan. Tentunya dengan kadar penciptaan yang sesuai dengan usia.
  3. Teori 5M (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mencipta) tidak sebatas menjadi teori saja. Tetapi, guru dituntut untuk benar-benar menerapkan dalam pembelajaran.
  4. Struktur mata pelajaran dan lama belajar di sekolah tidak diubah.
Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/03/21/364782/Empat-Poin-Penting-Revisi-Kurikulum-2013-
CATAT... Poin Penting Hasil Revisi Kurikulum 2013
Ilustrasi
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+