Jadwal Lengkap Beserta Wilayah yang Dilintasi Gerhana Matahari Total Tahun 2016

loading...
Kabar trending menjelang terjadinya fenomena langka Gerhana Matahari Total (GMT) yang diberitakan akan terjadi pada Rabu, 9 Maret 2016 cukup menarik perhatian. Pasalnya, tidak hanya warga Indonesia yang berbondong menyaksikan GMT. (Lihat juga : Video Fenomena Langka Cahaya Api Menari di Balik Awan)

Berbagai media menyebutkan banyak wisatawan asing dari sekitar 12 negara yang mengunjungi Indonesia untuk melihat Gerhana Matahari tersebut. Nah, anda juga dapat mengikuti lomba yang diadakan Kementerian Pariwisata terkait Fenomena GMT, info selengkapnya baca : Lomba Info Wisata Kemenpar Tentang Gerhana Matahari Total Berhadiah Rp 15 Juta

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan masyarakat Indonesia berkesempatan menyaksikan fenomena alam yang hanya terjadi sekali seumur hidup ini karena butuh waktu 350 tahun untuk dapat melihat gerhana matahari total di tempat yang sama.

"Kota-kota besar yang diperkirakan akan dilalui Gerhana Matahari Total adalah Muko-Muko (Bengkulu), Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu dan Ternate. Di antara kota-kota tersebut, Kota Palu merupakan kota yang paling terdampak," ujar Kepala BMKG, Andi Eka Sakya, di situs resmi BMKG.

Berikut Jadwal Lengkap Gerhana Matahari Total Terlihat di 11 Provinsi yang Dilintasi Tahun 2016

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, 11 provinsi yang dilintasi gerhana matahari total, yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Berikut jadwalnya di masing-masing wilayah:

Di wilayah Indonesia timur
  • Di Ternate, gerhana mulai pukul 08.36 WIT dan mencapai puncaknya 09.52 WIT
Di wilayah Indonesia tengah
  • Di Palu, gerhana mulai pukul 07.27 WITA dan mencapai puncaknya pukul 08.38 WITA
Di wilayah Indonesia barat
  • Gerhana mulai pukul 06.20 WIB di wilayah Palembang dan mencapai puncaknya pukul 07.21
  • Di wilayah Tanjung Pandan (Bangka-Belitung) mulai pukul 06.21 dan mencapai puncaknya 07.23 WIB
  • Di wilayah Palangkaraya mulai pukul 06.23 dan mencapai puncaknya 07.30 WIB
  • Di wilayah Bengkulu (Muko-Muko), gerhana akan mencapai puncaknya pukul 07.19 WIB.
Jadwal Lengkap Beserta Daftar Tempat yang Bakal Dilintasi Gerhana Matahari Total Tahun 2016
Ilustrasi BMKG
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+