Ini Dugaan Penyebab Meninggalnya 4 Korban Kebakaran RSAL Mintohardjo

loading...
Kabar duka yang menyelimuti PGRI atas berpulangnya Ketua Umum PGRI memang menyisakan tanda tanya. Kebakaran disertai ledakan terjadi di gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) di RSAL Mintohardjo, Jakarta Pusat. Empat orang dinyatakan tewas kejadian tersebut. Baca juga Berita Duka Meninggalnya Sulistyo Ketum PGRI dalam Kebakaran di RSAL Mintohardjo

Kepala Dinas Kesehatan TNI AL (Kadiskesal), Kolonel Lukman menduga, korban tewas akibat luka bakar dan keracunan asap di lokasi. Hal itu diketahui lantaran saat kejadian asap putih tebal menyelimuti ruang treatment tersebut.

"Penyebab diduga karena luka bakar, pertama. Kedua, keracunan asap. Kan asapnya tebal di dalam tadi," ujar Lukman di RSAL Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2016).

Selain itu, perubahan tekanan udara di dalam ruangan yang dipicu kebakaran diduga menjadi salah satu penyebab korban tak bisa diselamatkan. Kata Lukman, saat itu perator sudah berupaya untuk menurunkan tekanan udara.

"Jadi dengan perubahan tekanan tadi, secepatnya oleh operator mau dilepas tekanannya menuju 1 atmosfir seperti yang sekarang. Dari 2,4 menuju 1 atmosfir. Dan kecepatan itu juga diiringi membuka sistem pemadam kebakaran berupa springkle air," tutur dia.

‎‎Meski begitu, pihak rumah sakit belum dapat memastikan apa penyebab kebakaran di ruangan tersebut. Tim dari kepolisian dan POMAL masih menyelidiki apakah ada pasien yang membawa material yang dilarang ke dalam ruangan tersebut saat menjalani treatment. "Penyebab lagi diteliti. Sesuai SOP, semua material dari logam harus ditinggal di luar. Sudah dilaksanakan secara prosedural," lanjut Lukman.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/03/14/338/1335894/ini-dugaan-kematian-empat-korban-di-rsal-mintohardjo
Ini Dugaan Penyebab Meninggalnya 4 Korban Kebakaran RSAL Mintohardjo
chamber atau ruang udara bertekanan tinggi (gambar:kompas.com)
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+