Harapan Guru Terbaik Dunia, Hanan Al Hroub yang Menggetarkan Jiwa

loading...
Mutu pendidikan menjadi perhatian serius dunia terutama nasib para guru yang mendidik di wilayah konflik seperti Palestina. Meski hidup dan mendidik di negara yang penuh dengan kebisingan peperangan, Hanan Al Hroub memenangkan penghargaan Global Teacher Prize dan diberi hadiah sejuta dolar. Baca juga Begini Perjuangan Guru Honorer yang Tidak Digaji 3 Tahun Tetap Mengajat Muridnya di Sekolah dengan Biaya Pribadi

Al Hroub berharap murid-muridnya bisa membangun nilai-nilai dan moral untuk perbaikan hidup, dunia yang lebih adil, indah, dan lebih bebas. "Masa depan terlihat jauh dan ambigu, namun, bila anda terlibat membuat ini (pendidikan), maka dunia memantulkan cahaya," kata Al Hroub.


Al Hroub diberi penghargaan oleh Varkey Foundation's Global Teacher Prize 2016 dalam sebuah seremonial. Acara bertempat di Global Education and Skills Forum di Dubai. Pesan ucapan selamat juga diterimanya dari Paus Fraksiskus dan Pangeran William.

"Saya ingin mengucapkan selamat untuk guru Hanan Al Hroub yang memenangkan penghargaan prestisius ini karena peranan penting yang dia berikan, memberi bagian 'bermain' dalam pendidikan anak," kata Paus Fransiskus.

"Seorang anak punya hak untuk bermain. Bagian dari pendidikan adalah untuk mengajarkan anak-anak bagaimana bermain karena Anda belajar bagaimana bersikap sosial lewat permainan sebagaiamana belajar mensyukuri hidup," kata Paus.

"Sebuah populasi yang tak dididik dengan baik karena perang, atau oleh alasan lain yang ada karena tak mendapat pendidikan, adalah populasi yang rusak. Itulah kenapa saya ingin menyoroti profesi guru," imbuhnya.

Pangeran William, The Duke of Cambridge, memberi selamat kepada Al Hroub. Dia menyatakan Al Hroub adalah inspirasi besar untuk guru-guru di seluruh dunia.

Gelaran penghargaan juga dihadiri sejumlah pesohor, antara lain Matthew McConaughey dan Salma Hayek, bintang film India Akshay Kumar, Abhishek Bachchan dan Parineeti Chopra juga ikut hadir.
Penghargaan ini sudah memasuki tahun kedua. Penghargaan senilai sejuta Dolar ini adalah penghargaan terbesar untuk guru, didedikasikan untuk guru yang telah membikin kontribusi besar di lingkungannya.
Harapan Guru Terbaik Dunia, Hanan Al Hroub yang Menggetarkan Jiwa
Hanan AL Hroub Global Teacher Prize
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+