CATAT... 3 Cara Sederhana Mudah dan Aman Menyaksikan Gerhana Matahari Total (Resep Dokter Spesialis Mata)

loading...
Kabar trending bagaimana fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) terjadi dan dapat disaksikan di wilayah Indonesia menjadi pembahasan berbagai media. Beberapa headline news yang menarik perhatian adalah cara melihat gerhana dan seruan menunaikan shalat gerhana. Sebelumnya baca Tuntunan Lengkap Shalat Gerhana dan Jadwal Pelaksanaannya Resmi Ditjen Bimas Islam Kemenag

Berikut Cara Sederhana Aman Lihat Gerhana Matahari Total Menurut Dokter Spesialis Mata, Muhammad Bayu Sasongko


Dokter spesialis mata Rumah Sakit Mata dr Yap Yogyakarta, Muhammad Bayu Sasongko mengatakan, tidak ada larangan bagi seseorang untuk tidak melihat gerhana matahari. Akan tetapi, untuk melihatnya, harus dengan cara yang betul-betul aman. "Cahaya matahari yang panjang itu seperti gelombang radio. Bisa membayakan mata jika langsung dilihat mata," kata Bayu, di Yogyakarta Senin (7/3/2016).

1. Memanfaatkan Kertas HVS
Salah satu lembar kertas tersebut kemudian dilubangi dengan diameter kurang lebih 3 milimeter, seukuran ujung pensil. Sementara, satu kertas lain digunakan untuk memantulkan bayangan gerhana matahari.

Lubang kecil tersebutlah yang kemudian digunakan untuk melihat gerhana matahari dari pantulan kertas satunya lagi. Sedangkan, posisi badan berlawanan arah dengan posisi matahari saat gerhana. "Cara ini iluminasinya yang digunakan. Ini cara yang paling simpel," kata dia.
Kabar lainnya : RESMI... Mulai Tahun Ajaran Baru Sekolah Menggunakan Buku Pelajaran K-13 Edisi Revisi
2. Menggunakan Ember Berisi Air
Cara kedua, yakni menggunakan ember berisi air. Menurut Bayu, melihat gerhana matahari memalui pantulan air lebih aman daripada menggunakan cermin. "Air memiliki indeks bias cahaya yang diteruskan ke dasar ember, namun tetap ada efek cerminnya. Cahaya yang dipantulkan tidak sekuat cahaya langsung," ujarnya.

3. Memakai Kaca Mata Tukang Las
Kaca mata tukang las dinilai aman karena memiliki filter. Menurut Bayu, kacamata tukang las menjadi salah satu alat aman yang bisa digunakan. Ia menambahkan, melihat gerhana matahari total dengan mata telanjang bisa saja dilakukan pada 9 Maret mendatang. Namun, itu dengan syarat, matahari sudah 100 persen tertutup oleh bulan.

Sumber : http://metrotvnews.com
CATAT... 3 Cara Sederhana Mudah dan Aman Menyaksikan Gerhana Matahari Total (Resep Dokter Spesialis Mata)
Indahnya Pesona Gerhana (gambar: facebook.com)
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+