RESMI... Perubahan Nama Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Nasional, Berikut Pernyataan Mendikbud

Kabar santer perubahan kurikulum memang selalu hangat khususnya di kalangan akdemisi negeri ini. Salah satu yang sedang trending adalah rencana Kurikulum 2013 diganti Kurikulum Nasional. Berita terkini menyebutkan bahwa Nama Kurikulum 2013 (K13) secara resmi sudah diubah menjadi Kurikulum Nasional. Baca juga Kurikulum Nasional Penyempurna Kurikulum 2013 (Kurtilas)

Perubahan ini tertuang dalam buku Kilas Setahun Kinerja Kemendikbud (November 2014 - November 2015). Kementerian yang dipimpin Anies Baswedan itu juga sudah menetapkan skenario penerapan Kurikulum Nasional secara utuh.

Buku kilas kinerja Kemendikbud itu disusun oleh Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (Paska) Kemendikbud. Buku ini merangkum tiga strategi penataan pendidikan oleh Anies Baswedan dan jajarannya.

Pernyataan Mendikbud Anies Baswedan Terkait Perubahan Nama Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Nasional

Dikonfirmasi tentang perubahan nama dari K13 menjadi Kurikulum Nasional itu, Mendikbud Anies Baswedan tidak menampiknya. Namun dia memberikan catatan, selama masa revisi masih berjalan alias belum selesai, pemerintah tetap menggunakan sebutan Kurikulum 2013. "Lha wong masih dikoreksi (K13-nya, red)," katanya kemarin. Selengkapnya simak : Penjelasan Kasi Kurikulum Tentang Evaluasi Kurikulum 2013

Anies menjelaskan ada beberapa pertimbangan bahwa Kemendikbud tetap menggunakan sebutan Kurikulum 2013. Diantaranya adalah supaya tidak memunculkan kesan bahwa pemerintah membuat kurikulum baru. Mantan rektor Universitas Paramadina Jakarta itu mengatakan, Kurikulum Nasional merupakan hasil dari revisi Kurikulum 2013.

Pada kesempatan ini Anies juga mengkonfirmasi kabar salah tentang penerapan kurikulum. Beberapa waktu terakhir, muncul kabar menyesatkan bahwa pada tahun pelajaran 2016/2017, seluruh sekolah di Indonesia kembali menerapkan KTSP. "Saya prihatin atas informasi salah ini. Karena membuat gempar masyarakat," kata Anies.
Kabar lainnya : Info Resmi Alur Usul / Penerbitan NUPTK Baru Kemendikbud dan Kemenag Mulai Januari 2016
Informasi salah itu sempat meluas di media sosial Facebook dan Twitter. Selain itu juga ramai jadi perbincangan orang di-blog. Anies mengatakan si penyebar informasi salah itu sudah mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2015/12/26/346827/PENGUMUMAN!-Nama-K13-Sudah-Diubah-jadi-Kurikulum-Nasional-/page2
Pernyataan Mendikbud Anies Baswedan Terkait Perubahan Nama Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Nasional
Mendikbud Kabinet Kerja
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+