Rekap Hasil UKG Membuktikan Banyak Guru yang Gaptek

Kabar dari gelaran UKG beberapa hari yang lalu harus menjadi evaluasi besar pemerintah karena fakta lapangan menunjukkan banyak guru yang belum siap UKG. Wajar bila ketua umum PGRI tidak ingin guru disalahkan ketika kesulitan menghadapi UKG (Selengkapnya baca : Alasan Mengapa Jangan Salahkan Guru yang Kesulitan Mengerjakan UKG).

Begini Penjelasan Rekap Hasil UKG Membuktikan Banyak Guru yang Gaptek

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tarakan M Ilham Noor mengatakan, hingga kini masih banyak guru di daerahnya yang belum bisa menguasai teknologi informasi alias gaptek. Hal itu diketahui berdasarkan rekap hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang diadakan Disdik Tarakan pada 11-19 November lalu.

Dari hasil UKG ini, kami bisa lihat guru itu kurangnya dimana, kan ada 3 tiga penilaian dalam UKG yaitu pedagogic, keilmuan dan profesionalismenya. Hasil UKG ini, ternyata keilmuan khususnya di pengetahuan IT guru sangat kurang,” ujar Ilham, Minggu (6/12).
Kabar lainnya : Simak Pernyataan Resmi Kemendikbud Bahwa Tidak Ada Sanksi Bagi Guru yang Memperoleh Nilau UKG Rendah

Penyebab Banyak Guru yang Gaptek

Ilham menambahkan, ada beberapa kendala yang dialami tenaga guru dalam penguasaan pengetahuan TIK. Salah satunya ialah sekolah yang belum memiliki fasilitas TIK lengkap. Selain itu, faktor usia tenaga pengajar juga sangat berpengaruh pada pengetahuan guru terhadap teknologi. “Kalau ada guru yang sekarang umurnya sudah sekitar 50 tahun, tentu pemahaman mereka terhadap IT sangat lamban. Dan umur begitu, terkadang seorang guru malas belajar IT,” terang Ilham.

Sumber: www.jpnn.com
Begini Penjelasan Rekap Hasil UKG Membuktikan Banyak Guru yang Gaptek
Ilustrasi Mengerjakan UKG
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+