Catat, 6 Tips Mudah Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Anak Sejak Dini

Sejatinya semua manusia  merupakan seorang pembelajar, hanya saja terkadang kita secara tidak sadar sering memberikan perlakuan yang tidak menyenangkan ketika anak belajar atau mungkin sewaktu kita kecil pernah mendapat stimulasi yang tidak menyenangkan. (Sebelumnya baca OPINI mahasiswa tentang Bahaya Game Online Bagi Anak dan Solusi Pencegahannya)

Contohnya saat anak kecil berumur sekitar setahun, mereka biasanya ingin memasukan semua barang ke dalam mulutnya. Yang sering terjadi adalah orang tua melarang si anak secara langsung sambil menarik barang tersebut. Hal seperti ini bisa dikategorikan sebagai perilaku tidak menyenangkan bagi si anak.

Ketika sudah mulai berbicara dan banyak bertanya, jawaban yang sering diperoleh anak tersebut tidak mengenakkan baginya. Saat melihat barang baru di rumah dan anak ingin mengetahui lebih dekat dan memegangnya, orang-orang dewasa di sekelilingnya malah menjauhkan barang tersebut karena takut rusak atau mencederai si anak.
Kabar Penting Lainnya : Syarat Masuk SD Harus Memiliki Ijazah SD
Dari beberapa uraian contoh di atas, dapat ditarik benang merah apa saja yang membuat anak malas belajar. Otak mereka seolah-olah tidak berfungsi untuk menguasai pelajaran, sebaliknya dengan mudah menghafal semua hal tentang idolanya. Anak-anak ini tentu tidak dapat dikategorikan bodoh begitu saja, justru pantas dibilang pandai. Lalu apa yang harus dilakukan orang tua supaya anak semangat mudah dalam belajar?

Secara umum, yang harus dilakukan oleh orang tua yakni melakukan perbaikan dari orang tua itu sendiri, dengan cara mulai mengatur emosi saat memberi bimbingan pada anak, selain melakukan perbaikan, orang tua melakukan komunikasi dengan cinta dalam setiap didikannya.

Catat, 6 Tips Mudah Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Anak Sejak Dini
Ilustrasi by Reportase Guru

Berikut Beberapa Kiat Supaya Anak Semangat dan Mudah Belajar Menurut Pakar Pendidikan Timothy Wibowo

  1. Saat anak pulang sekolah, tanyakan apa saja hal menyenangkan hari itu. Otomatis anak akan mencari hal-hal menyenangkan di sekolah dan secara tidak langsung membentuk mindset anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.
  2. Ketika anak tidur masukan sugesti positif dengan mengatakan bahwa belajar adalah hal menyenangkan. Belajar sama menyenangkannya dengan bermain atau berhitung dan menghafal itu sangat mudah. Ini salah satu bentuk hypnosleep positif pada anak.
  3. Jelaskan guna materi pelajaran yang sedang dikerjakan. Sesuaikan penjelasan dengan materi anak, misalnya dengan belajar perkalian, maka anak dapat menghitung jumlah koleksi mainannya atau menghitung sendiri harga action figure di sebuah supermarket dan membandingkannya dengan harga di mall lain. Atau jika mahir bahasa Jepang maka menonton anime tak perlu menggunakan subtitle dan dapat membaca komik aslinya yang langsung yang berbahasa Jepang. 
  4. Pemberian pujian dengan sering mengatakan bahwa anak kita adalah anak hebat dan luar biasa. Dapat  memacu semangat anak untuk belajar lebih penting daripada diajari macam-macam teknik berhitung dan menghafal cepat. Mintalah bantuan orang sekitar termasuk guru untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri si anak.
  5. Bila anak masih kecil dan masih suka dibacakan dongeng, pangkulah si anak saat membacakan dongeng. Posisikan anak di posisi nyaman dan memudahkan kita untuk memberikan ciuman serta pelukan kasih sayang. Tujuannya supaya anak dapat menghubungkan sensasi menyenangkan antara membaca buku dengan rasa cinta dari orangtua.
  6. Buatkan surat rahasia untuk anak lalu kita bisa mengatakan bahwa hanya kita dan si anak yang mengetahui tentang surat tersebut dan isinya. Isi suratnya bisa kata-kata semangat untuk anak dalam kegiatan belajar mengajar, sekolahnya atau hal lain yang dapat membangkitkan semangat anak.
Masih banyak tips lainnya untuk membuat anak bersemangat dalam belajarnya. Intinya adalah kerjasama berbagai pihak dalam pemberian rasa percaya diri untuk anak dalam batas wajar. Apabila berlebihan maka akan jadi seperti tindakan yang kelewat memanjakan anak dan itu akan berakibat tidak baik juga. (Artikel ini kiriman dari sahabat pembaca www.reportaseguru.com)
TIPS MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR PADA ANAK
PENULIS NURUL ARIFAH
Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+