Penjelasan Terkait UKG Bakal Jadi Penentu Sertifikasi Guru

loading...
Kabar adanya wacana UKG sebagai penentu guru untuk menerima sertifikasi nampaknya memang harus diperhatikan. Pemerintah tentu tidak hanya memetakan kemampuan guru, ada hal strategi lainnya terutama dalam hal pemberian tunjangan. Silakan bagi yang ingin meraih hasil UKG maksimal, simak Kumpulan Soal Materi UKG untuk Guru Kelas SD Kelas Rendah dan Kelas Atas

Sebagaimana diketahui bahwa Uji Kompetensi Guru (UKG) yang digagas oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan dilaksanakan untuk memetakan kemampuan guru se-Indonesia. Pemerhati Pendidikan, Dr Joko Riswanto MPd menilai, pelaksanaan UKG merupakan salah satu bentuk upaya baik pemerintah dalam menengok kemampuan tenaga pendidiknya. Selanjutnya, hasil dari pemetaan ini dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Begini Penjelasan Pemerhati Pendidikan Seputar UKG Bakal Jadi Penentu Guru Mendapat Sertifikasi

Joko menambahkan bahwa untuk jangka panjang, UKG dapat diproyeksikan sebagai ujian penentu untuk guru supaya mendapat sertifikasi. Sebab menurutnya, usia pengabdian yang lama tidak cukup untuk dijadikan patokan guru mendapat sertifikasi.

“Guru yang sudah tersertifikasi biarlah. Tapi untuk guru yang ingin tersertifikasi harus lulus dari UKG sesuai standar minimal. Soalnya percuma kalau yang tersertifikasi sudah ngajar lama, tapi kemampuan kurang memadai. Kan ini bisa jadi motivasi juga,” tegas dia.
Kabar Penting Lainnya : Persyaratan Pendaftaran CPNS dan Alur Pengajuan Berkas Pendaftaran ke Panselnas
Namun demikian, untuk UKG yang dilaksanakan pada pekan depan diharapkannya cukup digunakan sebagai pemetaan kompetensi guru. Tidak kemudian lantas digunakan untuk menentukan penerima, atau bahkan memutus tunjangan sertifikasi guru. Sumber : tribunnews.com

Begini Penjelasan Pemerhati Pendidikan Seputar UKG Bakal Jadi Penentu Guru Mendapat Sertifikasi
UKG Penentu Sertifikasi Guru


Share on FB Share on Tweet Share on G+