Mendikbud: Hasil UKG Menentukan Bentuk Pelatihan Guru

loading...
Kabar dari pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang melibatkan semua guru mulai dijalankan bertahap dari tanggal 9-27 November di seluruh Tanah Air. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, UKG harus dapat dijadikan sebagai sebuah keharusan sehingga dapat melahirkan guru yang tetap belajar dengan menjadikan UKG sebagai sebuah pembelajaran. Baca juga : Prosedur Baru Kenaikan Pangkat Guru PNS

Hasil UKG Menentukan Model Pelatihan Guru Menurut Mendikbud Anies Baswedan

Dia menambahkan, ke depannya hasil UKG akan menjadi dasar penentuan program pendidikan dan pelatihan yang akan diberikan kepada para guru. Sebab tanggung jawab pemerintah bukan hanya pelaksanan UKG. Namun, setelah UKG, pemerintah wajib memberikan pelatihan dalam beberapa bentuk seperti pembelajaran mandiri, tutorial jarak jauh, dan tatap muka. Namun, semua model pengembangan baru dapat ditentukan setelah hasil UKG.

"Kita ingin tradisi belajar ditunjukkan guru kepada siswa, maka guru harus belajar sehingga guru dapat mengajarkan kepada siswa untuk terus belajar. Caranya dengan menunjukan nilai capaian UKG kepada siswa," kata Anies saat Melakukan Pentauan Ujian UKG bersama Tim UKG 2015 di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin(9/11).

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengungkapkan, selama ini pemerintah memiliki data. Namun, hasil UKG saat ini untuk dijadikan sebagai sebuah garis awal yang akan digunakan pemerintah untuk pengatur pengembangan pendidikan ke depannya. Dikatakan, UKG dapat dijadikan potret guru dan menjadi bagian dari roadmap pengembangan kompetensi guru yang akan dikembangkan secara terus menerus.

Sumber : http://www.beritasatu.com/pendidikan/320883-mendikbud-ukg-lahirkan-guru-tetap-belajar.html
Mendikbud: Hasil UKG Menentukan Bentuk Pelatihan Guru
Hasil UKG

Share on FB Share on Tweet Share on G+