Cara Agar Siswa Suka dan Mudah Mengerti Pelajaran Matematika

Kabar bahwa Pelajaran Matematika seringkali jadi momok menyeramkan bagi para siswa memang sudah tidak dapat dipungkiri. Namun seorang guru telah menciptakan sebuah metode untuk memudahkan siswanya mengerti matematika. Sebelum lanjut, penting juga membaca tips Cara Menghadapi Ujian Nasional dengan Baik dan Jujur Tanpa Grogi

Febiola, guru SDN 176 Koney dari Distrik Masni, Manokwari, Papua mendapat penghargaan dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Menengah (Kemendikbud) di peringatan Hari Guru Nasional, karena metodenya Cara Mudah Siswa Memahami Matematika. 


Metodenya yaitu cara siswa-siswi SD mengerti bilangan bulat dengan bantuan tutup botol minuman. Metode tersebut membantu para siswa jika menghadapi operasi matematika yang melibatkan bilangan negatif.

Febiola memilih tutup botol warna biru untuk bilangan positif, dan merah untuk negatif. Jadi tutup-tutup botol tersebut selanjutnya dikumpulkan dan digunakan ketika pelajaran matematika. "Misalnya minus 2 ditambah plus 1. Ya sudah saya ambil 2 warna merah dan 1 tutup warna biru. Setiap ada satu pasangan yang berbeda warna, dipisahkan, maka sisa tutup botol yang tidak ada pasangannya lah jawabannya," tutur Febiola.
Kabar Penting Lainnya : Ini Mekanisme Pemberian Tunjangan Kinerja PNS Fungsional Resmi Berdasarkan Peraturan Presiden
Melalui metode ini, para murid jauh lebih memahami mengenai bilangan bulat. Ketika dilakukan ujian, nilai matematika mereka meningkat dari yang sebelumnya. "Ini saya lakukan sejak 2009. Sekarang sudah ada beberapa sekolah yang menggunakan metode ini juga," ungkap perempuan yang lahir di Ambon itu.

Sumber : detik.com
http://news.detik.com/berita/3079082/ciptakan-cara-mudah-agar-siswa-mengerti-matematika-febiola-raih-penghargaan
Cara Agar Siswa Suka dan Mudah Mengerti Pelajaran Matematika
Gemar Belajar Matematika
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+