Penjelasan Lengkap Tentang Penyakit ISPA Pada Anak

loading...
Kabar dari dunia kesehatan detik ini masih ramai seputar bahaya ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) yang juga merupakan penyakit akibat infeksi parah pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara atau paru-paru, baik itu disebabkan oleh virus maupun bakteri. Orang menderita ISPA maka fungsi pernapasan menjadi terganggu dan dapat berakibat fatal yang berujung pada kematian. Baca Tips dan Triks Jitu Mencegah Penularan Penyakit ISPA

Proses penularan infeksi saluran pernapasan akut dapat terjadi ketika seseorang menghirup udara yang mengandung virus atau bakteri (contohnya asap). Selain itu, cairan mengandung virus atau bakteri yang menempel pada permukaan benda juga dapat menular pada siapa saja yang menyentuh benda tersebut

Penjelasan Lengkap Tentang Penyakit ISPA Pada Anak

Penularannya ISPA pada anak kecil sering disebabkan menghirup droplet atau percikan lendir yang dikeluarkan  penderita ISPA. ISPA yang disebabkan virus sebagian besar akan sembuh dengan sendirinya, yakni dilawan oleh daya tahan tubuh.

Meski sebagian besar virus ISPA dapat sembuh / membaik dengan sendirinya, namun tetap perlu mendapat perhatian terhadap terjadinya komplikasi yang menyebabkan pneumonia, bronkhiolitis, atau croup.

Pencegahan ISPA pada Anak
Anak yang napasnya sesak seharusnya menjalani pemeriksaan kadar oksigen dalam darah, apabila hasilnya rendah, maka perlu mendapat terapi oksigen. Apabila buah hati mengeluh nyeri telinga atau keluar cairan dari telinga, segera periksa kemungkinan terjadi infeksi telinga tengah (otitis media akut).

Pada dasarnya semua penyakit infeksi menular sebenarnya dapat dicegah termasuk pada anak-anak. Langkahnya pun dapat dimulai dengan menjaga daya tahan tubuh anak, cukup istirahat, makan makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dapat juga diberikan vaksin influenza. Dan cara pencegahan terpenting lagi adalah mengajari anak mencuci tangan untuk meminimalkan kontak dengan virus penyebab ISPA.
Penjelasan Lengkap Tentang Penyakit ISPA Pada Anak
Ilustrasi
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+