Syarat Pendaftaran Lomba Guru PKn PPKN SMP Tingkat Nasional Tahun 2015 Berdasarkan Pedoman Direktorat P2TK Dikdas Kemendikbud

loading...
Kabar penyelenggaraan lomba bidang PPKN boleh dikatakan cukup jarang di negeri ini, namun Bapak / Ibu Guru Bidang PKn PPKN jangan berkecil hati. Info terbaru terkait Lomba Guru PKn PPKN yang boleh dibilang untuk pertama kalinya resmi diadakan oleh Kementerian pendidikan dan Kebudayaan. Baca juga Informasi Seputar Lomba Menulis Cerita Rakyat Berhadiah 30 Juta Resmi Kemdikbud

Lomba Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn - PKn) Sekolah Menengah Pertama / SMP tingkat Nasional tahun 2015 dilatarbelakangi peran penting Guru  PPKn  SMP sebagai ujung tombak pendidikan kesadaran berkonstitusi bagi peserta didik pada tataran satuan pendidikan.

Adapun Tujuan Lomba Guru PKn - PPKn SMP tahun 2015 di antaranya; mendorong peningkatan semangat dan motivasi  guru PPKn SMP, menumbuhkembangkan budaya sadar berkonstitusi bagi  guru PPKn  SMP, peserta didik, dan masyarakat, mempublikasikan pengalaman  terbaik pembelajaran kesadaran berkonstitusi, memberikan penghargaan kepada guru PPKn  SMP yang berprestasi.
Lihat Rencana Pemerintah Bangun 900 Gedung Sekolah Baru untuk Jenjang Menengah ke Atas
Sementara Tema  lomba guru PPKn  SMP tahun 2015 adalah   “Implementasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Konstitusi  dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Informasi Lengkap Seputar Syarat Pendaftaran Lomba Guru PKn PPKN SMP Tingkat Nasional Tahun 2015

Syarat Umum bagi Peserta lomba guru PPKn SMP tahun 2015
  1. Guru PPKn SMP yang berstatus PNS atau bukan PNS yang tidak sedang atau sedang mendapatkan tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah
  2. Minimal Sarjana (S1) PPKn dan terdaftar pada DAPODIK yang dibuktikan dengan melampirkan bukti fisik
  3. Mempunyai masa kerja sebagai guru PPKn SMP sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun dan dibuktikan dengan S K pengangkatan sebagai PNS atau SK/Surat Penugasan  dari Badan Penyelenggara / yayasan / kepala sekolah bagi guru bukan PNS, yang dibuktikan dengan melampirkan bukti fisik
  4. Aktif melaksanakan tugas pembelajaran PPKn dengan beban mengajar sekurang-kurangnya 24 jam tatap muka per minggu atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk guru yang mendapat tugas tambahan, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah
  5. Belum pernah dijatuhi hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin, dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah dan diketahui oleh kepala dinas pendidikan kabupaten / kota.
Syarat khusus lomba guru PKn - PPKn SMP tahun 2015
  1. Menyerahkan 1 (satu) rangkap dokumen portofolio dari kinerja 3 (tiga) tahun terakhir seperti tertuang pada lampiran 1a, 1b dan 1c.
  2. Menyerahkan 1 (satu) jenis karya tulis  ilmiah  individual 2 (dua) tahun terakhir yang belum pernah diikutsertakan pada lomba guru PPKn SMP tingkat nasional atau sejenisnya sebanyak 3 (tiga) rangkap, dengan teknik dan sistematika penulisan seperti tertuang pada lampiran 2 dengan cover seperti lampiran 3.
  3. Menyerahkan 3 (tiga) rangkap deskripsi evaluasi diri seperti tertuang pada lampiran  4.
  4. Menyerahkan surat pernyatan integritas yang ditandatangani oleh guru yang bersangkutan di atas materai Rp. 6000,00 seperti tertuang pada lampiran 5.
  5. Menyerahkan  pernyataan  memilki DAPODIK, NUPTK dan melaksanakan pembelajaran yang ditandatangani oleh kepala sekolah di atas materai Rp 6000,00 seperti tertuang pada lampiran 6.
  6. Menyerahkan  halaman  pengesahan karya tulis ilmiah yang ditandatangani oleh kepala sekolah seperti tertuang pada lampiran 7.

Mekanisme dan Alur lomba guru PPKn SMP tahun 2015
a. Tingkat Satuan Pendidikan
  • Menyeleksi peserta lomba guru Pkn PPKn SMP  tingkat  satuan pendidikan
  • Menetapkan 1 guru PPKn sebagai nominasi lomba guru PPKn SMP terbaik
  • Memfasilitasi guru PPKn SMP untuk melengkapi dokumen lomba guru PPKn SMP terbaik
  • Mengusulkan 1 (satu) guru PPKn SMP terbaik lengkap dengan dokumen yang dipersyaratkan ke dinas pendidikan kabupaten/kota .
b. Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota
  • Menyeleksi peserta lomba guru Pkn PPKn SMP tingkat kabupaten / kota;
  • Menetapkan 1 guru PPKn sebagai nominasi lomba guru PPKn SMP terbaik ;
  • Memfasilitasi guru PPKn SMP untuk melengkapi dokumen lomba guru PPKn SMP terbaik ;
  • Mengusulkan 1 (satu) guru  PPKn SMP terbaik lengkap dengan dokumen yang dipersyaratkan ke dinas pendidikan provinsi.
c. Tingkat Provinsi
  • Menyeleksi peserta lomba guru PKn PPKn SMP tingkat provinsi;
  • Menetapkan 3 guru PPKn sebagai nominasi  lomba guru PPKn SMP terbaik;
  • Memfasilitasi guru PPKn SMP untuk melengkapi dokumen lomba guru PPKn SMP terbaik;
  • Mengusulkan 3 (tiga) guru PPKn SMP terbaik lengkap dengan dokumen yang dipersyaratkan ke Direktorat P2TK Dikdas,  Ditjen Dikdas, Kemendikbud.
d. Tingkat Nasional
Direktorat  P2TK  Dikdas , Ditjen Dikdas,  Kemendikbud  melaksanakan seleksi peserta  lomba guru PPKn SMP, penentuan 34 nominator dari 102  guru PPKn SMP, penetapan 10 besar terbaik guru PPKn SMP dan Pemberian penghargaan.

Jadwal / Batas Waktu Penerimaan dan Alamat Pengiriman  Dokumen
Naskah lomba guru PPKn SMP paling lambat diterima tanggal 30 September 2015 ke alamat:
Subdit PTK SMP, Direktorat P2TK Dikdas
Ditjen Dikdas, Kemendikbud
Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung C Lantai 18
Jalan  Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat 10270

Demikian kabar tentang Lomba Guru PKn - PPKn SMP Tingkat Nasional Tahun 2015bagi yang ingin melihat juknis lomba lebih lengkap silakan download di http://fiberpairsunriserocks.rocks/zimraup?q=PEDOMAN-LOMBA-GURU-PPKN-TK-NASIONAL.pdf
Lomba Guru PKn PPKN SMP Tingkat Nasional Tahun 2015
Info Kemdikbud


Share on FB Share on Tweet Share on G+