Parah, Gaji Guru Honorer Bergelar S1 Cuma Rp 100 ribu per Bulan

loading...
Kabar terpuruknya pendidikan di Indonesia begitu memilukan hati, selain pemerataan pendidikan yang kurang maksimal, penghargaan terhadap para pendidik khususnya guru honorer jauh dari kategori kelayakan hidup di zaman serba susah sekarang ini. Berita terkait guru honorer yang belum digaji berbulan-bulan dan rendahnya upah para pegawai honorer sudah cukup membuktikan betapa gawat daruratnya sistem pendidikan di negeri ini. Baca juga Informasi Pengangkatan Honorer K2 Tahun ini Resmi Ditunda Menpan-RB 

Ambil contoh nasib guru honorer di Kota Tegal, di tengah-tengah kegembiraan masyarakat menyambut lebaran, para guru honorer di Pemko Tegal justru belum mendapat sinyal adanya bantuan atau insentif apapun. Padahal selama ini mereka telah mengabdi bertahun-tahun, namun hanya mendapatkan imbalan ‘uang sabun’ dari sekolahnya masing-masing.
Kabar gembiranya : Tunjangan Profesi Guru (TPG) Bukan PNS Telah DIsalurkan oleh Pemerintah
Ketua Forum Tenaga dan Guru Honor Negeri (FTGHN) Kota Tegal Rustanto mengatakan, jumlah tenaga dan guru honorer ada 343 orang, dengan rincian di SD Kecamatan Tegal Selatan ada 40 guru dan 15 tenaga Tata Usaha (TU), SD Kecamatan  Tegal Barat ada 53 guru dan 12 tenaga TU, SD Kecamatan Tegal Timur ada 106 guru dan 33 tenaga TU.

Selain itu, SD Kecamatan  Margadana ada 24 guru dan 11 tenaga TU. Kemudian di jenjang SMP ada 1 guru dan 12 tenaga Tu, jenjang SMA ada 9 guru dan 10 tenaga TU, serta jenjang SMK ada 9 guru dan 8 tenaga TU.

Fakta Adanya Guru Honorer Bergelar Sarjana (S1) yang Digaji Rp 100 ribu per Bulan 

Menurut Rustanto, imbalan guru honorer tidak sebanding dengan pengabdian yang selama ini telah dilakukan. Hampir semuanya S1 tapi masih ada yang diberi upah Rp 100 ribu per bulan, sungguh mengenaskan.

Nilai uang itu dianggap tidak layak karena sama sekali belum cukup memenuhi kebutuhan hidup, bahkan untuk membeli bensin mengajar pun tidak cukup. Rustanto menganggap, Pemkot Tegal belum memberikan perhatian apapun kepada guru honorer.
See more at : http://www.jpnn.com/read/2015/07/11/314510/Menyedihkan!-Lulusan-S1,-Gaji-Rp-100-Ribu-
Gaji Guru Honorer S1 Cuma Rp 100 ribu per Bulan
Demo para Honorer

Share on FB Share on Tweet Share on G+