CARA MENUMBUHKAN BUDI PEKERTI SISWA DI SEKOLAH

loading...
Kabar mulai diterapkannya program Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) dalam perilaku siswa sehari-hari di sekolah, secara tidak langsung menuntut semua pihak terlibat ikut mendukung program tersebut. Pemerintah secara resmi telah membuat Alur Pembiasaan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah.

Namun, fakta dilapangan menunjukkan tidak akan semudah membalikkan telapak tangan untuk menumbuhkan budi pekerti pada siswa, lalu bagaimana Cara Menumbuhkan Budi Pekerti Siswa? Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan menjelaskan beberapa cara untuk menumbukkan budi pekerti pada siswa. Baca juga Permintaan Mendikbud Anies Baswedan Kepada Lulusan SMK

Berikut Cara Munumbuhkan Budi Pekerti pada Siswa Menurut Mendikbud, Anies Baswedan

Tata cara menumbuhkan budi pekerti siswa dimulai dari diajarkan, kemudian dibiasakan dan selanjutnya dilatih secara konsisten.

Untuk menjadi budaya perlu melewati beberapa proses, yaitu menumbuhkan kebiasaan pada siswa yang kemudian terbentuk karakter dan selanjutnya menjadi budaya terutama budaya di sekolah.

Mendikbud menegaskan, budi pekerti tidak boleh hanya dijadikan pengetahuan, karena apabila budi pekerti tumbuh sebagai kebiasaan, maka karakter dan budaya bakal mengikuti dengan sendirinya.

Contohnya budaya hidup bersih
Menurut Anies, hal pertama yang perlu dilakukan ialah mengajarkan siswa tentang cara hidup bersih dan bahaya hidup kotor. Setelah itu siswa dibiasakan membersihkan dan membuang sampah pada tempatnya. Siwa perlu mendapat teguran jika tak mau atau malah melanggar aturan tersebut.

Jika hidup bersih telah menjadi sebuah kebiasaan pada diri siswa maka akan tumbuh karakter siswa yang menyukai kebersihan dan tidak nyaman ketika melihat sampah bukan pada tempatnya serta berujung menjadi budaya bersih pada siswa. (Sumber: jpnn.com)
CARA MENUMBUHKAN BUDI PEKERTI SISWA DI SEKOLAH
 Program Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah

Share on FB Share on Tweet Share on G+