Patut Ditiru, Berat Tas Sekolah Disesuaikan Berat Badan Siswa

loading...
Kabar banyaknya aturan baru pemerintah memang cukup mengurang tenaga dan pikiran, namun bila itu bermuatan positif dan terbukti memberi dampak perbaikan, maka aturam apapun harus didukung. Salah satu contoh Aturan Baru Sekolah yang memberi kenyamanan pada peserta didik dan perlu direkomendasikan adalah menyesuaikan isi tas sekolah. Baca juga Penjelasan akan Pentingnya Model Pembelajaran Interaktif dan Inspiratif di Sekolah.

India, tepatnya di negara bagian Maharashtra, juga punya aturan anyar. Di sana, para siswa tidak boleh membawa tas sekolah yang beratnya lebih dari 10 persen dari bobot tubuh anak. Tujuannya, mencegah cedera pada tulang.

Untuk melaksanakan aturan itu, para guru diminta menimbang tas para siswa. Nand Kumar, sekretaris Departemen Pendidikan India, mengatakan menemukan tas dengan berat 10–20 persen dari berat tubuh anak-anak. "Isinya buku tulis yang tebal, buku pelajaran, alat tulis yang tidak dibutuhkan, dan kosmetik." ungkapnya.
Sebelum lanjut, Lihat Aturan Bagi PNS / TNI / POLRI Tentang Netralitas Dukungan Pada Pemilihan Kepala Daerah dan Larangan Menjadi Pengurus Partai Politik
Tidak ada sanksi bagi yang melanggar batas beban itu. Namun, sekolah diminta menyediakan ruang penyimpanan untuk buku. (Dikutip dari http://www.jpnn.com/read/2015/07/27/317067/Aturan-Anyar,-Berat-Tas-Sekolah-Disesuaikan-dengan-Bobot-Siswa-)

Berat tas sekolah siswa harus sesuai berat badannya
Ilustrasi berat tas sekolah / republika.co.id


Share on FB Share on Tweet Share on G+