Ingat Perintah Mendikbud, Sebelum dan Sesudah Belajar Harus Menyanyikan Lagu ini

loading...
Kabar mulai diterapkannya program Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) Tahun Pelajaran 2015/2016 akan memberikan beberapa perubahan dalam proses pembelajaran. Salah satu yang penting diterapkan dan selama ini jarang diperhatikan adalah menyanyikan lagu kebangsaan / lagu wajib nasional menjelang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas. Baca juga Alur Pembudayaan dan Kegiatan Sehari-hari Program Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menginstruksikan sekolah di semua tingkatan / jenjang pendidikan untuk membiasakan para peserta didiknya melakukan sejumlah kegiatan wajib selama kegiatan belajar-mengajar. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Penumbuhan Budi Pekerti yang digagas oleh Anies.
Ayo lihat juga Daftar Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang Memberikan Beasiswa Penuh
Beberapa kegiatan yang harus mulai diterapkan di sekolah di antaranya program rutin siswa sebelum memulai pembelajaran. Selain berdoa dengan pemimpin doa yang dipilih bergiliran, para siswa juga dipersilakan membaca buku non-pelajaran sekitar 15 menit sebelum jam pelajaran pertama dimulai.

Instruksi Menyanyikan Lagu Kebangsaan / Lagu Wajib Nasional dan Lagu Daerah Sebelum dan Sesudah Belajar

Selain itu, peserta didik juga harus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya atau lagu wajib nasional sebelum mereka memulai kegiatan belajarnya. Hal itu dinilai bakal memberikan semangat terhadap para siswa sebelum memulai rutinitas hariannya.

"Tenaga pengajar juga bisa berinovasi, misalnya dengan memilih lagu populer terkini yang menggambarkan semangat cinta tanah air," ujar Anies saat ditemui di Gedung Kmendikbud, Jakarta Selatan, Jumat (24/7). "Nanti setelah jam sekolah usai, siswa mengakhirinya dengan menyanyikan satu lagu daerah." (http://www.cnnindonesia.com)

Menurut Anies, kegiatan menyanyikan lagu wajib dan daerah bisa menumbuhkan jiwa kebangsaan dan kebhinekaan Indonesia. Lagu nasional maupun daerah dalam banyak hal mencerminkan persatuan dan kesatuan kebangsaan yang utuh. Semangat dan rasa memiliki itu yang ingin ditumbuhkan oleh Anies terhadap para peserta didik.
Ingat Perintah Mendikbud, Sebelum dan Sesudah Belajar Harus Menyanyikan Lagu
Perintah Mendikbud

Share on FB Share on Tweet Share on G+