Gawat, Ini Penyebab SMK Swasta Terancam Kekurangan Siswa Setiap Tahun Ajarana Baru

Kabar miris datang dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya di daerah Banjarnegara, yang hampir setiap tahun kekurangan siswa. Pemerintah sebenarnya telah berupaya mendorong daerah tingkatkan kualitas SMK agar dapat menarik minta peserta didik baru. Bahkan di beberapa tempat telah digelontor beasiswa untuk Siswa SMK Berprestasi.

Seperti dikutip dari jpnn.com, di Banjarnegara, sekolah SMK swasta masih dipandang sebelah mata. Padahal, dari segi fasilitas mereka juga tidak kalah dengan SMK negeri, bahkan lebih memadahi. Pada pendaftaran kali ini pun, sekolah swasta masih sepi peminat dan terancam kekerungan siswa.

Daftar SMK Swasta yang Terancam Kekurangan Siswa
1. SMK Panca Bhakti
Wakil Kepala SMK Panca Bhakti Hadi Wiyono mengatakan, pihaknya seringkali kekurangan peserta didik baru, karena mereka memilih sekolah negeri. Peminat SMK awalnya mencapai 600 orang. Tapi saat masuk, berkurang karena banyak yang juga mendaftar di sekolah negeri.
2. SMK 2 Cokroaminoto Banjarnegara
Kondisi yang sama juga dialami SMK 2 Cokroaminoto Banjarnegara yang saat ini sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadahi. Program jurusan yang dimiliki tidak kalah dengan SMK negeri.  Selain itu, sekolah swasta saat ini sudah bekerjasama dengan perusahaan dimana lulusan SMK swasta dapat langsung disalurkan menjadi tenaga kerja dan siap bersaing.

Inilah Penyebab SMK Swasta Kekurangan Siswa Setiap Tahun Ajarana Baru

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Banjarnegara, Noor Tamami mengatakan, kondisi yang terjadi di sekolah swasta kurang diminati siswa karena:
  • Masalah biaya. Pembiayaan sekolah swasta bersumber dari yayasan, sementara negeri dibiayai oleh pemerintah. Sehingga, biaya sekolah negeri dinilai masih lebih murah dari pada swasta, karena banyak keringanan dari pemerintah.
  • Penilaian Masyarakat. Kesan masyarakat bahwa sekolah negeri lebih bagus dibanding swasta, masih belum hilang.
Selengkapnya http://www.jpnn.com/read/2015/06/19/310424/SMK-Swasta-Terancam-Kekurangan-Siswa
Penyebab SMK Swasta Kekurangan Siswa Setiap Tahun Ajarana Baru
picture jpnn.com

loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+