Ingin Ibadah Puasa Berkualitas, Ini Persiapan Menyambut Ramadhan yang Diajarkan Rasulullah SAW

loading...
Kabar dimulainya ibadah Puasa Ramadhan tahun ini masih menunggu siaran resmi dari Kementerian Agama (Kemenag). Namun hal yang penting diperhatikan sejak dini adalah Bagaimana Cara Menyambut Ramadhan Menurut Tuntunan Rasulullah SAW. Untuk persiapan silakan juga Download Jadwal Imsakiyah Terlengkap Seluruh Wilayah Indonesia

Banyak orang yang menyambut datangnya Ramadhan namun tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Di masa Rasulullah, Nabi SAW dan para sahabat Beliau ketika datang bulan suci Ramadhan, maka mereka menyambut bulan Puasa itu dengan memperbaiki niat dan imannya.

Baca juga artikel sebelumnya:

Berikut Persiapan Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan Menurut Tuntunan Rasulullah SAW

Cara Nabi Muhammad SAW dan para sahabat menyambut bulan Ramadhan:

1. Sambut Ramadhan dengan Memperbanyak puasa di bulan Sya'ban
Aisyah r.a. berkata: “Tidak kelihatan oleh saya Rasulullah SAW melakukan puasa dalam waktu sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan tidak satu bulanpun yang hari-harinya lebih banyak dipuasakan Nabi daripada bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Baca juga artikel tentang Puasa Sepanjang Masa.

2. Sambut Ramadhan dengan saling mengucapkan tahniah "selamat" kepada saudara Muslim lainnya
"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu neraka". (HR. Ahmad).

3. Sambut Ramadhan dengan Bertaubat dan menjauhi segala bentuk dosa (Bagian dari persiapan pensucian rohani)
“Sesungguhnya Jibril ‘alaihis salam mendatangiku, dia berkata : ‘Barangsiap yang mendapati bulan Ramadhan namun tidak menyebakan dosanya diampuni dia akan masuk neraka dan Allah jauhkan dia. Katakan amin (wahai Muhammad). Maka aku pun berkata : Amin.” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ahmad).

Demikian artikel penting Ingin Ibadah Puasa Berkualitas, Ini Persiapan Menyambut Ramadhan yang Diajarkan Rasulullah SAW yang dapat admin REPORTASE GURU share kali ini. Semoga Bermanfaat!!!
Persiapan Menyambut Ramadhan yang Diajarkan Rasulullah
Persiapan Menyambut Ramadhan yang Diajarkan Rasulullah
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+