Heboh, Merica Palsu Beredar di Pasaran, Begini Cara Membedakannya

Belum lekang Kabar peredaran beras plastik yang ditemukan di warung nasi uduk, kini masyarakat kembali dibuat resah dengan berita adanya bumbu dapur palsu yang dijual bebas di pasaran. Jika benar adanya, maka bangsa Indonesia benar-benar berada dalam status waspada pangan. Rakyat Indonesia harus lebih berhati-hati dan pemerintah harus tegas menghukum pelaku dan pengedar bahan-bahan makanan palsu tersebut. Lihat Ancaman Hukuman Bagi Pelaku Sindikat Jual-Beli Ijazah Palsu. 

Dikutip dari jpnn.com bahwa Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar (Disperindagpas) Kabupaten Mojokerto menemukan bahan pangan jenis bumbu dapur yang terindikasi palsu. Bumbu dapur palsu itu adalah merica. Saat ini merica palsu itu masih diperiksa di laboratorium untuk mengetahui kandungan berbahaya di dalamnya. Baca juga Bahaya Bahan Kimia yang Terkandung dalam Beras Plastik/Palsu.

Disperindagpas Mojokerto mencurigai merica palsu tersebut berisi bahan-bahan yang tak layak dikonsumsi/berbahaya. Untuk memastikannya, pihaknya masih memeriksakan isi alias kandungan merica tersebut ke laboratorium dinas kesehatan (dinkes).

Harga Merica Palsu
Dari segi harga, merica palsu itu terbilang sangat murah bila dibandingkan dengan harga merica sebenarnya. Per kilogram merica palsu hanya dijual Rp 40 ribu. Padahal, harga merica bisa mencapai Rp 200 ribu per kilogram. Selisih harga yang sangat jauh tersebut lantas memunculkan kecurigaan bahwa kandungan merica palsu berasal dari bahan berbahaya yang murah dan gampang didapat.

Merica Palsu Beredar di Pasaran, Begini Cara Membedakannya
Foto Jawa Pos, Merica Asli dan Merica Palsu

Perbedaan Merica Asli dan Merica Palsu
Menurut Kepala Disperindagpas Kabupaten Mojokerto Bambang Purwanto, beberapa perbedaan antara merica asli dan merica palsu pada bentuk fisik, aroma, dan penampakannya.
  1. Secara fisik, merica palsu itu berbentuk bulatan kecil tanpa adanya serat, berbeda dengan merica asli 
  2. Dari aromanya tidak pedas seperti merica pada umumnya
  3. Bila dicelupkan ke dalam air, merica palsu ambyar/tidak utuh lagi
Sumber:
http://www.jpnn.com/read/2015/06/14/309480/Awas-Merica-Palsu-Beredar,-Seperti-Ini-Bentuknya

Inilah Informasi Penting Terkait Adanya Merica Palsu dan Cara Membedakannya Menurut Kepala Disperindagpas Kabupaten Mojokerto mulai bentuk fisik, aroma, dan penampakannya.

Semoga Bermanfaat!!!
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+