Eror, Pendaftaran Siswa Baru secara Online Hari Pertama Berantakan

loading...
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) di Kota Bogor mengalami gangguan di hari pertama ini. Beberapa orang tua murid yang ingin mendaftarkan anaknya kecewa karena terpaksa mengantre selama berjam-jam.

Ratusan orang tua murid mendatangi kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor untuk melakukan pendaftaran lewat petugas Disdik Kota Bogor. Mereka terpaksa mengantre karena sistem PPDB online sedang mengalami gangguan.

Kekecewaan Wali Murid atas PPDB Online Hari Pertama yang Kacau Mengalami Gangguan

Salah satu orang tua murid, Linda mengaku tidak bisa mengakses web PPDB Kota Bogor sejak pagi."Dari rumah saja saya sudah tidak bisa buka web, ternyata di sini juga enggak bisa," jelasnya, Senin (29/6/2015). Lanjutnya, ia juga mengaku kecewa dengan sistem online ini karena dinilai ribet dibanding dengan sistem manual sebelumnya.

Orang tua murid lainnya, Tati Gultom juga merasa kecewa dengan sistem PPDB online ini. dirinya menyayangkan sistem operasi server PPDB online yang tak berjalan maksimal.

"Dari tadi pagi jam 08.00 WIB saya sudah coba dirumah, saat mau login masukin nomor UN dan PIN tapi yang keluar malah invalid password dan PIN. Kemudian, saya ke sekolah anak saya di tapi sama sekali tidak bisa login," akunya.

Kekecewaan bertambah ketika ia tiba di gedung Dinas Pendidikan Kota Bogor, sistem PPBD online di sana juga sedang mengalami gangguan. Ia menganggap seharusnya pihak Dinas Pendidikan Kota Bogor harus mengantisipasi sejak awal sistem ini dijalankan.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Bogor, Fahrudin mengakui sistem PPDB online untuk hari pertama ini mengalami kekacauan. "Sekarang server sedang ditangani oleh Pustekom. Untuk server memang masih digunakan secara bersama dari 27 kota dan kabupaten. Mungkin karena kebanyakan pendaftaran jadi error. Tapi mudah-mudahan ini hanya terjadi dihari pertama saja," tuturnya.

Fahrudin mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Pustekom bahwa khusus untuk Kota Bogor menyediakan sebanyak tiga server, namun di hari pertama baru satu server yang digunakan.
Sebagai informasi, pada 2015 kuota penerimaan sebanyak 2.880 siswa dengan total 10 SMA negeri. Namun, yang melewati jalur online sebanyak 2.428 siswa atau sebesar 84 persen dari total daya tampung. Sedangkan untuk SMK, yakni disediakan kuota penerimaan sebanyak 1836 siswa di 4 SMK.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/06/29/65/1173367/ppdb-online-kota-bogor-kacau-balau


Petunjuk Mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Online Resmi Kemdikbud
Berkas Pendaftaran PSB

Share on FB Share on Tweet Share on G+