Awas, Hal Sepele ini Dapat Merusak Ibadah Puasa Ramadhan

loading...
Kabar Guruku ingin mengingatkan kita semua untuk tidak melakukan sesuatu yang dapat merusak ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Karena Rasulullah SAW telah memperingatkan para sahabat dan umatnya bahwa banyak orang yang berpuasa tetapi mereka tidak mendapat apa-apa, kecuali lapar dan dahaga, maka Waspadai Hal-hal Yang Merusak Puasa. Simak juga Hal-hal Penting yang Dilakukan Selama Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan.

Ghibah / Menceritakan Keburukan Orang Lain Dapat Merusak Ibadah Puasa Ramadhan

Ghibah sangat mudah dan berpotensi dilakukan oleh siapapun karena tidak memerlukan biaya dan sebagainya. Terutama bagi mereka yang gemar nongkrong atau ngrumpi, saling menceritakan satu dengan lainnya merupakan hal yang biasa. Tetapi awas, jika sedang berpuasa maka menceritakan keburukan orang lain sangat rentan menghilangkan amalan puasa.

Puasa adalah perisai diri dari kemaksiatan yang dapat merusak atau mengurangi kualitas taqwa orang-orang yang beriman. Salah satu yang dapat merusak perisai taqwa tersebut adalh Ghibah. "Puasa adalah perisai selama tidak dirusakkan." Abu Muhammad menjelaskan maksudnya adalah ghibah." (Riwayat Darimi).

Demikian artikel tentang Ghibah Yang Dapat Merusak Ibadah Puasa, sekedar pengingat buat kita semua untuk menghindari perbuatan tersebut agar ibadah puasa kita berkualitas. Semoga bermanfaat!
Awas, Hal Sepele ini Dapat Merusak Puasa
picture by sosbud.kompasiana.com
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+