Penjelasan Moratorium CPNS Memastikan Tidak Ada Penerimaan CPNS Tahun 2015

Kabar yang mengecewakan bagi peminat kursi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akibat kebijakan pemerintah terkait penerimaan CPNS yang berubah-ubah, yang terbaru diumumkan tahun ini tidak ada rekrutmen CPNS/abdi negara itu. Dengan kata lain tidak ada Formasi/Kuota CPNS 2015.

Harapan adanya peluang menjadi CPNS sirna tahun 2015 ini, karena pejabat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan tahun ini tidak ada penerimaan CPNS dan Pendaftaran CPNS baru dibuka Tahun 2016.

Penjelasan Moratorium/Tidak Ada Penerimaan CPNS Baik Pelamar Umum Maupun Honorer K2 Tahun 2015

Inilah Penjelasan Lengkap Beberapa Hal Penyebab Moratorium CPNS Tahun ini:
Data Kepegawaian
Menurut Bambang Dayanto Sumarsono, Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM KemenPAN-RB, sesuai arahan presiden Jokowi dan wakil presiden (Wapres) yang disampaikan lewat Pak Menteri Yuddy, moratorium CPNS dimulai tahun 2015.

Secara teknis Penerimaan CPNS sangat riskan dilaksanakan karena data kepegawaian yang disampaikan lewat e-formasi belum semuanya dianalisa, ada data yang diajukan instansi tidak semuanya sesuai format KemenPAN-RB.

Tidak ada Anggaran APBN untuk Penerimaan CPNS 2015
Berdasarkan APBN 2015, dana pelaksanaan seleksi CPNS 2015 tidak dianggarkan. Tahun ini pemerintah akan memfokuskan pada penataan kepegawaian agar zero growth bisa tercapai.

CPNS Khusus untuk Lulusan dari Sekolah ikatan Dinas
Khusus sekolah yang ada ikatan dinasnya seperti IPDN, BMKG, BPS, STAN tetap diberikan formasi CPNS tahun ini. Kenapa lulusan sekolah ikatan dinas tetap diberikan formasi, karena anggarannya sudah tertata di masing-masing instansi penyelenggara sekolah ikatan dinas.

Keterbatasan Waktu Rrekrutmen CPNS tahun 2015
Penerimaan CPNS Susah dilaksanakan meski kuotanya sedikit karena memerlukan proses penetapan formasi CPNS cukup panjang. Bilapun diajukan di RAPBNP yang mulai dibahas Juli, tetap saja sulit dilaksanakan karena waktunya makin sedikit/mepet akhir tahun.

Nasib Honorer K2
Meskipun Panja Aparatur Komisi II DPR RI menginginkan tahun ini ada 30 ribu honorer K2 diangkat menjadi CPNS, butuh proses panjang untuk pengangkatan honorer K2. Dan sesuai roadmap, seharusnya penerimaannya mulai 2016 baik itu CPNS pelamar umum, honorer K2 ataupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Sumber:
http://www.jpnn.com/read/2015/06/17/310043/Tak-Ada-Dana-Seleksi-CPNS


Penjelasan Moratorium CPNS Memastikan Tidak Ada Penerimaan CPNS Tahun 2015
picture by riau.go.id

Share on FB Share on Tweet Share on G+