Mau Langsung Jadi CPNS? Daftar Saja Jadi Guru Garis Depan (GGD)

loading...
Kabar seputar program Guru Garis Depan (GGD) telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Pelepasan GGD angkatan pertama telah dilaksanakan di Istana Kepresidenan (25/5), dengan melepas 798 Guru Garis Depan (GGD) yang berasal dari 24 provinsi. Baca juga Info Pendaftaran Program SM-3T Tahun 2015

Dengan peresmian program GGD melalui seremonial pelepasan 798 guru ke daerah 3T, menjadi keseriusan pemerintah dalam pemerataan pelayanan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia terutama daerah yang masuk dalam 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar). Selanjutnya Presiden Joko Widodo menjanjikan jaminan hidup yang memadai bagi GGD, yang meliputi tunjangan fungsional, asuransi yang menjamin keselamatan dan kesehatan serta upaya pengembangan keilmuan serta peningkatan promosi dan karir para guru GGD tersebut.
Lihat Program Bantuan Peningkatan Kualifikasi S-2 bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) jenjang SD Tahun 2015 
Sebagaimana diberitakan, Guru Garis Depan (GGD) tersebut akan bertugas di 28 kabupaten yang tersebar di empat Provinsi yaitu Daerah Istimewa Aceh, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Papua. Mereka bertugas dan ditempatkan secara permanen di wilayah-wilayah tersebut, hal ini berbeda dengan program SM-3T yang hanya satu tahun pengabdiannya di daerah. Namun, perlu diketahui jika Guru Garis Depan ini secara OTOMATIS MENJADI CPNS di tempat tugasnya.

Mau langsung jadi CPNS melalui formasi khusus, Silakan Daftar Guru Garis Depan (GGD)

Nah, bagi sobat baik yang sudah jadi guru atau belum, boleh mendaftar GGD untuk angkatan selanjutnya. Ada beberapa tahap/alur yang harus dilalui jika ingin menjadi Guru Garis Depan yang merupakan program satu paket SM-3T. Adapun tahapan proses menjadi GGD secara sederhana digambarkan sebagai berikut:

Mau langsung jadi CPNS melalui formasi khusus, Silakan Daftar Guru Garis Depan (GGD)
Picture taken by Forum PTK : Alur GGD

Semoga penjelasan ringkas terkait Cara Menjadi CPNS Formasi Khusus bagi Guru Garis Depan (GGD) ini bermanfaat.

Share on FB Share on Tweet Share on G+