Info Penting Terkait Tugas Admin / Operator Sekolah Menjelang Tahun Ajaran Baru

loading...
Kabar penting ini khusus buat rekan-rekan Operator Sekolah yang berasal dari admin pendataan kabupaten, terkait cara revisi apabila ada kesalahan pendataan yang berhubungan dengan data dapodik di sekolah kita. Sebelumnya lihat Panduan Praktis Cara Kirim / Upload Data Siswa Padamu Negeri.

Ada banyak tugas menunggu admin/operator sekolah ketika memasuki tahun ajaran baru, salah satunya adalah pendataan siswa di Dapodik. Tidak sedikit rekan operator yang mengalami salah input atau salah kirim, sehingga data yang masuk ke Dapodik tentu tidak valid. Nah bagaimana cara mengatasi itu semua, berikut informasi yang semoga dapat membantu.

1. Kunci jumlah jam mengajar di info PTK dapat dibuka, waktu pembukaan kunci jumlah jam mengajar terakhir di semester ini. Bagi data PTK yang masih bermasalah di sekolah, segera perbaiki dan lakukan sinkronisasi ulang.

2. Cara Mengatasi Rombel yang Terkunci 
Cara membuka KUNCI JJM dapat langsung dikirim melalui POS dan berkas yang harus dikirim :
  • Surat pernyataan salah entri , di tanda tangan kepsek , diatas materai 6000
  • Penjelasan siapa menguci siapa, di rombel mana, dan kalau dibuka kuncinya apakah yang dibuka sudah dapat 24 jjm.
  • Jadwal mengajar harian semester ini , bukan pembagian jam
  • Surat pengantar dinas
  • Sebaiknya dikoordinasikan dengan simtun terlebih dahulu

3. Segera selesaikan verifikasi dan validasi peserta didik (verval PD) terutama tingkat 6, 9, 12, meski UN sudah selesai. Tugas operator selanjutnya menyiapkan NISN terutama bagi kelas 12 yang akan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi.
Catatan:
  • SD : Bila NISN sudah tidak ditemukan / data tidak ada, segera buat NISN BARU
  • SMP : Usahakan sama dengan ijazah SD
  • SMA : Usahakan dengan ijazah SD dan SMP

Info Penting untuk Operator Sekolah Menjelang Tahun Ajaran Baru
Kabarguruku : Tugas Operator Sekolah

4. Pastikan VervalPD sudah melalui KONFIRMASI DATA. Untuk memastikan bahwa sekolah tidak lagi perlu konfirmasi / update data master sekolah, contohnya; SK Operasional dan data lainnya silakan kunjungi website PDSP : http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index61.php
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+