Cara Mengatasi / Mengembalikan Data Siswa yang Terhapus di Dapodik

loading...
Kabar menakutkan sekaligus membuat panik ketika rekan-rekan operator mengalami yang namanya kehilangan data siswa akibat terindikasi adanya data ganda. Sebagaimana kita ketahui tingkat mutasi siswa SD, SMP, SMA / SMK dan sederajatnya masih tergolong banyak di dunia pendidikan Indonesia. Sehingga peluang terjadinya kasus data siswa terhapus karena indikasi data ganda masih sering kita dengar dari berbagai daerah. Baca juga Panduan Praktis Kirim / Upload Data Siswa Secara Kolektif

Nah, apabila terjadi kasus hilangnya data siswa karena terindikasi data siswa ganda di sekolah Bapak dan Ibu sekalian, langkah bijaknya adalah tenang dan jangan khawatir. Pemerintah dalam hal ini kemdikbud tentu juga memahami setiap permasalahan di setiap sekolah apalagi menyangkut data online. Langkah-langkah cerdas mengatasi masalah data siswa yang hilang tentu sudah disiapkan dan disinkronisasikan dengan pihak terkait.

Baca juga 3 artikel terhangat sebelumnya:

Tips dan Triks Online Mengatasi Data Siswa yang Terhapus Karena Indikasi Data Ganda

Solusi yang harus dilakukan untuk mengembalikan data siswa pada sistem sekolah kita karena siswa tersebut masih terdaftar di sekolah lain / sekolah sebelumnya, sehingga datanya terhapus otomatis oleh sistem pusat.
  • Pertama, silakan cek di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ terkait data siswa yang hilang untuk memastikannya.
  • Kedua, berkoordinasi dengan sekolah asal siswa tersebut, karena sangat mungkin data siswa yang hilang akibat data dirinya terdaftar di dua sekolah.
  • Ketiga, segera meminta untuk mutasi data siswa pada sistem jika siswa benar-benar telah pindah sekolah.
  • Keempat, mengirim email ke salah-satu helpdesk yang mencantumkan hal-hal sebagai berikut:
  1. Nama Sekolah yang lama dan sekolah yang baru
  2. NPSN di sekolah yang lama dan di sekolah yang baru
  3. Tulis alasan meminta data siswa untuk dikembalikan kepada sekolah yang baru
  4. Lampirkan scan surat resmi dari sekolah yang ditanda-tangan kepala sekolah sebelumnya dan kepsek yang resmi sekarang beserta stempel basah kedua sekolah
  5. Langkah selanjutnya adalah menunggu tindakan dari pusat yang akan diinformasikan melalui email.
  • Terakhir, menunggu tindakan dari pusat yang akan diinformasikan melalui email. Aapabila telah mendapat balasan maka sekolah pemilik sah data siswa segera melakukan sinkronisasi kembali.
Cara Mengatasi / Mengembalikan Data Siswa yang Terhapus di Dapodik
Data Siswa

Penyebab Data Siswa Hilang Karena Indikasi Ganda

Adapun penyebab utama terjadinya data siswa yang terhapus oleh sistem pusat karena indikasi data ganda adalah kurangnya sekolah melakukan tertib administrasi, terutama terkait siswa yang akan mutasi/pindah sekolah harus melakukan update mutasi pada sistem disertai alasan-alasannya. Demikian semoga bermanfaat!!!


Share on FB Share on Tweet Share on G+