5 Hal Penting Sebelum Membangun Pendidikan Karakter

Pendidikan Berbasis Karakter menjadi wacana hangat dunia pendidikan Indonesia dalam 2 dekade belakangan ini. Banyak orang yang optimis dengan terselenggaranya Pendidikan Karakter maka kualitas pendidikan Indonesia dapat berkembang pesat. Sayangnya, hingga detik ini problematika bangsa khususnya di bidang pendidikan masih terbilang cukup tinggi. Contoh konkritnya adalah masih banyak permasalahan dalam upaya penyelenggaraan UN / Unas. Silakan baca juga Cara Menghadapi jian Nasional yang Baik.

Sebagai generasi bangsa yang besar, rakyat Indonesia harus memiliki kompetensi keilmuwan yang mumpuni dalam berbagai sendi kehidupan. Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah karakteristik pribadi yang komprehensif untuk menopang intelektualitas agar tidak tergilas oleh perkembangan zaman. Simak kabar Pentingnya Perbaikan Sistem Pengisian Data Guru di Dapodik

Kunci Pendidikan Karakter Menurut M. Fauzil Adhim

Menurut penulis buku "Kupinang Engkau Dengan Hamdalah", Moh. Fauzil Adhim, setidaknya ada 5 hal penting yang perlu diperhatikan dalam membangun Pendidikan Karakter. Berikut ringkasan dari pemaparan beliau :
5 Hal Penting Sebelum Membangun Pendidikan Karakter
Fauzil Adhim : Membangun Pendidikan Karakter

1. TRUTH OVER HARMONY 
Kepercayaan yang lahir karena adanya kebenaran yang dijunjung tinggi lebih dapat membentuk karakter pribadi seseorang dari pada sekedar keserasian. Harmoni memang penting, tapi kebenaran tidak bisa ditukar dengan harmoni karena harmoni itu sangat bertumpu pada kebenaran.

2. PRINCIPLES OVER RULES 
Pribadi yang berkarakter selalu memiliki prinsip hidup yang jelas dan berkomitmen menjalankan prinsip hidup tersebut. Sebelum membuat aturan sebaiknya semua pihak harus mempunyai prinsip karena aturan itu dibuat untuk menegakkan prinsip.

3. VALUE SUCCESS& FAILURE 
Sukses bermakna sama terhormatnya dengan gagal bermakna, daripada sukses tanpa integritas.

4. CREATE A CHARACTER CULTURE 
Menciptakan budaya karakter menjadi bagian dari penyelenggaraan Pendidikan Karakter. Tidak ada gunanya panjang lebar membahas pendidikan karakter tanpa membangun budaya karakter.

5. INSPIRATION 
Kerahkan pikiran dan tenaga untuk menginspirasikan karakter, bukan menanamkan karakter. Maka Pendidikan Karakter secara sendirinya akan terbentuk dan dominan dalam diri setiap peserta didik.

Inilah bahasan ringkas mengenai 5 Hal Penting dalam Membangun Pendidikan Karakter yang diulas dengan gaya bahasa seorang blogger amatiran. Mohon maaf jika ada kekurangannya, semoga bermanfaat!
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+